Sejak tahun 2020 awal atau tepatnya ketika Pandemi COVID-19 , banyak sekali muncul kelas online yang diadakan oleh aplikasi sampai dengan penyelenggara pendidikan. Hal ini membuat kita harus memilih kelas online baik yang tersedia secara gratis atau berbayar.
Namun hingga saat ini, kelas online masih banyak tersedia. Hal ini dikarenakan dengan kelas online maka Anda dapat mengikuti tanpa mengenal jarak.
Kelas Online juga memiliki interaksi dan juga fleksibilitas di bidan waktu, yaitu dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Dengan banyaknya kelas online yang bertebaran, maka setidaknya Anda harus dapat menyeleksi mana kelas online yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips memilih kelas online.
Memiliki Jadwal yang Tepat
Walaupun dapat dilakukan kapan saja, namun pastikan Anda untuk mengikuti kelas yang jadwalnya cocok dengan jadwal Anda. Hal ini dikarenakan kelas online membutuhkan interaksi baik itu dalam pemberian materi atau ketika interaksi tanya jawab.
Jadwal yang tepat ini juga berarti mengenai jadwal pelaksanaan yang sudah sesuai dengan informasi yang disampaikan di awal atau ketika Anda akan mengikuti kelas yang akan diadakan.
Memiliki Rekaman Ulang
Tentunya, apabila jadwal tidak memungkinkan. Maka yang menjadi langkah selanjutnya adalah pastikan Anda memiliki akses kepada rekaman ulang kelas online tersebut.
Hal ini bertujuan untuk reminder / pengingat materi yang telah disampaikan sebelumnya. Selain itu hal ini juga berguna bagi Anda yang terlambat masuk atau tidak dapat mengikuti kelas online karena kesibukan / ada halangan hadir dalam kelas tersebut.
Rekaman ulang boleh disampaikan di platform pembelajaran atau dapat disaksikan di media youtube dengan akses tertutup.
Dilakukan dengan Platform Umum
Kelas online berarti ada media yang menjadi platform untuk dilakukannya interkasi antara pengajar dengan peserta / murid.
Biasanya menggunakan platform seperti Google Meet atau Zoom Online. Namun ada beberapa pelatihan kelas online yang menggunakan Microsoft Teams sebagai medianya.
Pastikan Anda memiliki aplikasi platform tersebut dan bisa diakses dengan gadget yang Anda pergunakan. Semakin ringan paltform dan fleksibel platform yang dipergunakan maka semakin mudah pula kita mendapatkan informasi tersebut.
Memiliki Group Kelas Online Pembelajaran
Tentunya untuk berinteraksi dengan sesama peserta maka pastikan Anda memiliki group kelas pembelajaran. Saat ini Anda bisa menggunakan WhatsApp Group atau Telegram Group untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.
Group ini tentunya juga media untuk update informasi mengenai jadwal dan kesulitan peserta yang bisa dijawab oleh penyelenggara atau pengajar
Dapat menghubungi Provider dan Pengajar
Jika sudah tersedia Group, maka sebaiknya disediakan pula akses yang memudahkan Anda untuk menghubungi. Sehingga disarankan jangan menggunakan group yang terkesan informasi satu arah saja.
WP Club Indonesia juga memberikan beberapa kelas online yang bisa Anda ikuti baik itu berbayar atau secara gratis. Anda dapat cek seluruh kelas dari WP Club Indonesia di halaman Kelas / Pelatihan.
Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti kelas yang ada di WP Club Indonesia, maka Anda dapat menghubungi team support kami.
Ketika Anda sedang membangun toko online, pastinya salah satu yang paling dibutuhkan adalah menghitung ongkos kirim. Tentunya Anda ingin mendapatkan nilai / nominal ongkos kirim yang muncul dan terhitung secara otomatis.
Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress, Maka hal tersebut dapat diakomodir dengan menggunakan plugin ongkir WordPress . Berikut adalah beberapa rekomendasi plugin ongkir yang bisa Anda pergunakan.
Epeken
Epeken.com merupakan salah satu rekomendasi plugin ongkir yang sering kali menjadi solusi terutama bagi yang baru memulai usahanya. Hal ini dikarenakan Epeken sendiri sudah terintegrasi dengan berbagai ekspedisi dan sampai dengan pembayaran.
Epeken sendiri merupakan salah satu plugin yang berdiri sejak tahun 2014. Dimana hingga saat ini semakin banyak versi terbaru dan fitur fitur yang ditambahkan seiriing dengan perkembangan ekspedisi di Indonesia.
Hingga saat ini, Epeken sudah bekerjasama dengan banyak sekali ekspedisi seperti : JNE, JNE Trucking (JTR), TIKI, POS, WAHANA, SAP Express, RPX, GO-JEK, J&T, SICEPAT, NSS Express, JMX, LION PARCEL, Ninja Express , DAKOTA, ANTERAJA, ATLAS.
Selain itu , Epeken juga mempunyai beberapa intergrasi dan fitur seperti :
Epeken Ojek Onlie
Epeken Order Management
Epeken Multi Inventory
Epeken Internasional
Raja Ongkir
Salah satu yang menjadi solusi ketika Anda mencari cara menghitung ongkos kirim adalah Rajaongkir.com . Namun selain dapat menghitung ongkos kirim dan melacak paket. Ada pula beberapa fitur dari Raja Ongkir.
Raja Ongkir juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari cek ongkos kirim , hingga Anda bisa menggunakan API RajaOngkir untuk menampilkan pengecekan ongkos kirim dengan mudah.
IndoOngkir
Salah satu rekomendasi Plugin Ongkos Kirim WordPress adalah Indo Ongkir , dimana memiliki veverapa fitur yang bisa disetting sampai dengan 10 lebih ekspedisi pengiriman di dalam negeri.
Plugin ini sudah dan mudah intergasi dengan WooCommerce.
WooCommerce JNE Shipping
Plugin khusus WooCommerce yang digunakan untuk mengintegrasikan ongkos kirim dengan total belanja calon konsumen Anda.
WooCommerce JNE Shipping mengintegrasikan ongkos pengiriman dengan total belanja konsumen Anda pada saat checkout.
Ongkoskirim.id
Ongkoskirim.id adalah platform yang dipergunakan untuk cek ongkos kirim secara gratis.
Borzo
Borzo adalah solusi logistik yang cerdas dan mudah dirancang untuk kenyaman transaksional bisnis Anda. Borzo memiliki keuntungan seperti :
Waktu fleksibel dimana Anda bisa menentukan jadwal pengiriman Anda
Anda dapat melakuakn pemesanan dengan banyak alamat
Terdapat tim support yang bekerja pukul 06.00 – 22.00 WIB
Mendapatkan kompensansi hingga Rp. 1.000.000 untuk paket yang hilang.
Woongkir
Plugin yang sudah masuk di repository WordPress ini sudah memiliki 5.000 lebih instalasi.
Woongkir sendiri sudah tersinkronisasi dengan banyak ekspedisi nasional dan internasional. Bahkan plugin ini memiliki fitur mengubah secara otomatis volumetrik menjadi berat
Namun, Plugin ini terakhir di update Januari 2023, dan update terakhir adalah versi 6.0.6.
Deliveree
Deliveree merupakan salah satu jasa atau ekspedisi pengiriman yang sangat ternama di Indonesia. Dimana selain memberikan informasi mengenai tarif ongkos kirim, Deliveree juga memiliki berbagai jenis armada melalui FTL, LTL atau LCL.
Anda pun dapat menggunakan API dari deliveree untuk bisa tersinkronisasi dengan WooCommerce atau Platform CMS lainnya.
WooGosend, WooGrabExpress dan WooReer
Apakah Anda menggunakan Armada Ojek online untuk melakukan pengiriman ?
Jika iya maka plugin ongkir yang mengkalkulasi biayanya berdasarkan jarak ini menjadi solusi terbaik Anda.
Anda dapat juga menyinkronkan dengan API dari Gojek, GoSen atau GrabExpress untuk menghitung ongkor kirim.
Plug and Ship by Shipper
Sama halnya dengan plugin buatan anak bangsa lainnya, Pluyg and Ship ini memiliki ongkos kirim dengan tarif yang selalu update. Selain itu Anda dapat membuat halaman dan transaksional report dari Dashboard Anda.
Salah satu yang paling menarik dari plugin ini adalah halaman checkoutnya, dimana Anda dapat melakukan :
Menampilkan / menyembunyikan field
Mengganti label field
Memberikan dropdown option didukung dengan fitur autocomplete
Order Management
Plugin Shipping (AgenWebsite)
Merupakan plugin buatan anak bangsa lagi dimana memiliki fitur seperti ongkos kirim dengan kode pembayraan, bahkan sampai dengan konfirmasi pembayaran pula.
Anda pun dapat terintegrasi dengan pembayaran bank di Indonesia.
Jubelio Shipment
Jubelio shipment adalah plugin yang terintegrasi dengan POS dan Webstore lainnya. Selain itu Anda juga mendapatkan perhitungan otomatis untuk biaya kirim dan tagihan pengiriman.
Terdapat beebra[a fitur lainnya antara lain :
Integrasi Pengiriman
Resi Otomatis
Lacak Pengiriman
Penjmeputan Barang
Asuransi Pengiriman
Laporan Pengiriman
Cashback & Voucher
Promo Ekspedisi
Biteship
Biteship adalah software untuk Layanan Kebutuhan Pengiriman. Dimana memiliki fitur yang menyediakan integrasi hingga 30 lebih kurir di Indonesia.
Website merupakan jendela informasi digital untuk produk atau layanan bisnis kita, Dan yang paling mudah dilakukan sebagai media promosi dan informasi adalah dengan membuat website company profile.
Website Company Profile sendiri mudah dibuat karenakan hanya menyajikan data dan informasi yang dimiliki perusahaan secara terstruktur dan lengkap. Termasuk didalamnya meliputi :
Tentang Perusahaan
Hubungi / Kontak Perusahaan
Layanan Jasa / Produk Perusahaan
Sejarah, Visi dan Misi Perusahaan
Bahkan bisa juga disampaikan Portofolio / Riwayat Project Perusahaan.
Pada artikel ini, kita akan membahas langkah langkah membuat website company profile hanya dengan menggunakan CMS WordPress dan Page Builder Elementor.
Mengenal Kebutuhan Website Company Profile
Sebelum kita memulai, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang penting ketika akan membuat web company profile.
Kita membedakan terlebih dahulu mengenai jumlah halamannya. Hal ini menjadi konsep awal sebelum Anda menentukan langkah selanjutnya.
Website Company Profile Multi Page Dimana dalam sebuah website dibagi setiap informasinya dalam masing masing halaman. Type website yang seperti ini lebih banyak informasi yang ditampilkan. Namun, pastinya prosesnya akan lebih lama dikarenakan harus mengumpulkan informasi yang detail dan juga bisa menjelaskan pada setiap halamannya.
Website Company Profile Landing Page Berbeda dengan versi yang sebelumnya, Dimana pada Company Profile Landing Page ini hanya memiliki satu buah halaman namun sudah mencakup seluruh informasi dari perusahaan tersebut. Hal ini jauh lebih singkat dan lebih mudah dilakukan. Namun diperlukan adanya CTA ( Call To Action ) Button yang berfungsi untuk tindak lanjut selanjutnya.
Kemudian, setelah Anda mementukan jenis Company Profile untuk website perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa detail yang harus Anda persiapan sebelum memulai action membuat website company profile.
Pastikan data perusahaan Anda sudah lengkap.
Pastikan Gambar / Video sudah dipersiapkan untuk konten desain. Untuk Video, maka Anda bisa melakukan dengan cara upload ke Youtube dengan settingan privasi private.
Hitung secara cermat, kebutuhan hardisk, jenis domain dan juga SDM yang akan dipersiapkan untuk konten online.
Jika ketiga hal diatas sudah Anda penuhi dan persiapkan maka kita bisa lanjut untuk langkah selanjutnya.
Langkah Membuat Website Company Profile
Informasi awal sebelum Anda melanjutkan, maka saya sampaikan bahwasanya langkah ini merupakan informasi berdasarkan pengalaman dan tahap tahap yang bisa Anda lakukan.
Namun untuk desain dari Website perusahaan yang Anda inginkan maka tergantung pada kreatfiitas dan keinginan Anda sendiri sebagai pemilik / developer websitenya.
Persiapkan Hosting Domain
Syarat wajib bagi Anda yang ingin memiliki website adalah memiliki hosting dan domain. Karena kedua hal diatas sebagai pondasi untuk membuat dan dilihat oleh umum.
Dalam artikel ini, Anda bisa menggunakan Hosting dan Domain dari Dewaweb. Dimana Anda bisa mendapatkan diskon hingga 45%. Anda akan mendapatkan potongan harga lagi dengan kode kupon “WPCLUBID”
Anda dapat menyesuikan kapasitas hosting minimal 4 GB untuk membuat sebuah Web Company Profile yang aman, nyaman dan cepat diakses.
Sedangkan untuk nama domainnya, apabila berbentuk badan hukum perusahaan maka disarankan menggunakan domain .id atau .co.id
Instalasi WordPress dan Plugin Elementor
Setelah memiliki hosting dan domain, maka Anda bisa melakukan instalasi CMS WordPress.
Instalasi CMS WordPress dapat Anda lakukan dengan 2 cara yaitu :
Instalasi WordPress melalui Softaculous
Instalasi WordPress manual upload
Pastikan Anda ketika melakukan instalasi WordPress secara benar dan terstruktur.
Untuk mempermudah Anda dalam melakukan desain,maka ada yang disebut dengan plugin Page Builder. Elementor merupakan salah satu page builder yang mudah diterapkan. Elementor hanya dengan cara drag n drop saja dan mudah diterapkan bagi Anda yang belum pernah sama sekali memiliki pengalaman dalam membuat website.
Langkah untuk melakukan instalasi Elementor cukup dengan menu Plugin > Add New.
Menu Widget Plugins , Kemudian Add NewPada Keyword Search masukkan pencarian Elementor.
Apakah perlu dengan Elementor Pro ?
Untuk membuat company profile, Anda tidak memerlukan Elementor Pro karena hanya menyampaikan saja informasi, terkecuali jika Anda memang ingin menambahkan fitur fitur desain dan fungsi.
Buat Struktur Halaman dan Menu
Langkah selanjutnya adalah menyusun struktur halaman dan menu yang akan ditampilkan.
Struktur halaman ini bisa diurutkan sebagai berikut
Halaman Depan
Sejarah Perusahaan
Visi Misi Perusahaan
Layanan Perusahaan
Produk Perusahaan
Kontak Perusahaan
Blog / Artikel / Berita
Anda bisa menambahkan sendiri halaman dan struktur menu yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Selanjutnya Anda tinggal membuat halaman dengan menu Pages – Add New
Widget Pages , Add New
Kini dengan Elementor Anda dapat desain template yang lebih siap. Cukup dengan cara menambahkan template bawaan dari Elementor itu sendiri.
Re-Check Website Anda
Terakhir, preview dan publish website yang dibuat. Jangan lupa untuk memeriksa kembali keseluruhan tampilan website sebelum dipublish agar tidak ada kesalahan atau kekurangan yang terlewatkan.
Tips Umum Website Company Profile
Sebagai penutup, maka berikut kami sampaikan tips umum yang bisa Anda terapkan ketika akan membuat website company profile :
Pastikan untuk image / foto sudah dikompress disesuaikan ukurannya dan resolusinya.
Pastikan videonya diletakkan di Youtube, dan Anda hanya embed / mengambil linknya sehingga tidak membebani server
Pastikan sudah melakukan instalasi Plugin Cache
Pastikan bahwasanya sudah dilakukan setting responsiove untuk tampilannya.
Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang akan membuat website company profile dengan mandiri. Jika ada kesulitan maka Anda bisa menghubungi kami untuk informais lebih lanjut.
Kehadiran TapTalk memberikan layanan chat software development kit (SDK) serta chat engine untuk mempermudah pengembang menambahkan fitur chat ke dalam aplikasi dan situs website.
Ritchie Nathaniel, CEO TapTalk.io menyampaikan: “Aplikasi dan situs website banyak dikembangkan dengan melampirkan fitur chat. Sebagaimana diketahui mengintegrasikan chat ke dalam suatu aplikasi atau kedalam situs website dapat memakan waktu serta biaya yang lumayan banyak terutama bagi pengembang” pungkasnya.
“Kami sangat yakin bahwa TapTalk sangat membantu kepada developer-developer dalam mengembangkan sistem komunitas di aplikasi mobile atau situ website mereka”.
“Chat engine, akan membantu perusahan supaya tidak memerlukan men-set up serta me-maintenance server sendiri, Sedangkan chat SDK membantu pengembang agar supaya mengintegrasi terhadap aplikasi seluler” ujar Ritchine.
“Di Indonesia belum ada satu pun perusahaan yang menawarkan chat SDK dan engine yang lengkap dengan interfacenya. Interface dapat dikustomisasi sesuai dengan selera pengguna”jelasnya” .
“TapTalk menegaskan bahwa chat SDK mereka bisa diintegrasikan dengan mudah. Solusi atas protokol komunikasi terhadap front end, managemen cache lokal dan juga integrasi antara framework dan user interface sudah disiapkan. Jika pengembang sudah memiliki user interface sendiri, TapTalk.io menyediakan “core library” untuk bisa diintegrasikan”. Ucap Tim TapTalk.
“Saat ini, white-label chat SDK yang umumnya dipakai oleh perusahaan teknologi di Indonesia tak menyediakan interface. Dibuat oleh anak bangsa, TapTalk.io yakin bisa membantu mengembangkan industri teknologi lebih pesat dan menawarkan layanan yang lebih terjangkau dan bisa dikustomisasi” ujar CEO TapTalk Ritchine.
Di era yang serba digital seperti saat ini, tentu saja sangat perlu yang namanya mobile app, sebagai komunikasi dan update terbaru mengenai informasi. Kemudian hadirlah aplikasi terbaru TapTalk.io yang asli buatan anak bangsa.
Aplikasi yang satu ini di kembangkan oleh seorang developer yang bernama Ritchie Nathaniel bersama dengan timnya sejak tahun 2017 lalu. Ritchie Nathaniel sudah berkecimpung di dunia startup kurang lebih 10 tahun lamanya. Lain dari itu, beliau pernah berkolaborasi langsung dengan Traveloka, Moselo, Weekend Inc yang pada akhirnya beliau memilih untuk mengembangkan aplikasi TapTalk.io.
Dalam TapTalk, Ritchie sebagai CEO & founder, beliau membuat aplikasi tersebut untuk memudahkan para pembisnis dan UKM, meningkatkan pengalaman terbaik pengguna dalam hal layanan pelanggan. TapTalk.io sudah menyediakan fitur-fitur terbagus yang diantaranya:
PowerTalk : Sebagai Chat SDK.
One Talk : Sebagai Platform OmniChannel Customer Engagement.
Solusi Chat di Indonesia
Aplikasi karya anak bangsa ini lebih memfokuskan terhadap fitur keamanan dan jaminan privasi dalam pengiriman pesan maupun file yang di kirim. Aplikasi chat TapTalk.io ini memang serupa dengan aplikasi WhatsApp dan aplikasi Telegram, maka dari itu jangan heran jika mudah dalam pengoperasiannya.
Terlebih mereka menjual solusi OmniChannel dan juga WhatsApp bussiness API ke perusahaan, akan tetapi terhadap messenger tetap gratis. Dengan adanya fitur SDK tentunya sangat memudahkan kepada developer pada prihal fitur chat engine yang bisa ditambahkan pada web atau mobile app.
Mobile app dan website, secara garis besar dikembangkan dengan memiliki fitur chat. Fungsinya apa? Tidak lain untuk mempermudah integrasi chat dalam sebuah aplikasi.
Hadirnya TapTalk.io dengan fitur lengkap dalam engine tentu sangat cocok untuk perusahaan. Karena tak perlu repot dalam mengatur ataupun maintenance server sendiri. Bahkan penawaran chat SDK pada aplikasi tersebut sudah di lengkapi dengan fitur interface yang dapat di kostumisasi sesuai dengan keinginan pengguna.
Apabila developer sudah memiliki user interface TapTalk.io sudah menyediakan core library yang dapat di integrasikan secara mudah. Layanan yang dibuat oleh anak bangsa ini sangat terjangkau untuk semua kalangan, bahkan UKM sekalipun.
Sebab TapTalk.io sudah paham jika komunikasi sangat penting mengikuti zaman yang serba digital seperti pada saat ini.
Fitur dan Harga Platform OneTalk
Pada dashdoard OneTalk Anda dapat mengelola agen customer service dengan lengkap. Bahkan, di integrasikan terhadap beberapa aplikasi chat populer seperti Telegram, DM, Facebook, WhatsApp. Line, Twitter, Massenger dalam dashboard pusat.
Adapun harga layanan OneTalk.io tentu saja sangat terjangkau, yakni mulai Rp.399 ribu perbulan. Tersedia pula empat paket yang dapat Anda pilih.
Paket Silver
Paket Gold
Paket Diamond
Paket Corporate
Di dalam pilihan paket tersebut sudah tersedia fitur tambahan seperti Working Hours dan Automated Messages, Topics, serta Customer Ratings.
Inovasi yang terus dikembangkan, dapat Anda kombinasikan layanan pesan instan dengan teknologi AL & NLP sehingga hadirnya chatbot.
Di indonesia sosial media memang jadi tulang punggung dalam penjualan. Terutama untuk social ecommerce. Sehingga aplikasi pesan instan seperti TapTalk.io dengan fitur lengkap sangat membantu dan sangat di butuhkan.
Holaaa arek-arek! Apakah kalian pernah dengar tentang Revisi Posting atau Post Revisions ? kalau kamu belum pernah atau masih belum paham, yukk rekk kita belajar bahas bareng – bareng!
Jadi nihh gengss, WordPress memiliki fitur revisi kiriman yang secara otomatis menyimpan salinan setiap revisi yang Anda buat ke kiriman atau halaman. Jika kamu tidak sengaja menghapus konten atau ingin membatalkan perubahan di WordPress, kamu dapat menggunakan revisi postingan untuk memulihkan konten.
Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menggunakan fitur revisi postingan untuk membatalkan perubahan di postingan dan halaman WordPress.
Apa Itu Posting Revisi?
WordPress berisi fitur penyimpanan otomatis yang memungkinkan kamu untuk kembali dan mengedit posting. Di editor Gutenberg, setiap 10 detik, apa pun yang kamu kontribusikan ke postingan akan disimpan secara otomatis.
Selain membuat revisi sementara ini, juga mengganti versi lama postingan kamu dengan yang baru. kamu dapat dengan mudah kembali dan mengembalikan posting kamu ke revisi sebelumnya yang telah disimpan.
Terus muncul sebuah pertanyaan, Apakah ini akan menghapus revisi saya saat ini?
yapps tentu tidak dong gengss, itu tidak akan menghapus versi revisi saat in. Revisi baru akan disimpan di database setiap kali pengguna atau editor mengklik tombol simpan, perbarui, atau publikasikan.
Mengapa Kita Harus Menggunakan Posting Revisi?
Fungsionalitas ini dapat berguna jika situs web WordPress kita memiliki banyak penulis atau editor jadi kita bisa mengkoordinasikan tim. Kamu dapat mengetahui siapa yang mengedit artikel, perubahan yang dibuat, jam mengeditnya dan seterusnya
Opsi ini sangat bagus jika kita ingin melihat tentang perkembangan sebuah perubahan post atau editan, melacak perkembangan opsi sebelumnya dan memilih yang terbaik dengan membandingkan versi terbaru sebelum revisi atau sesudah revisi.
Berikut alasan lain untuk menggunakan revisi postingan :
Sistem cadangan mini dalam WordPress. Ketika kita tidak yakin dengan perubahan apa yang kita lakukan kita bisa mengecek perubahan yang kita lakukan di website kit. untuk melihat revisi riwayat perubahan apa yang kita lakukan.
Revisi Postingan menyelamatkan kamu dari editor yang bikin berantakan web kamu wkwk, kamu bisa memeriksa lalu mengembalikan versi sebelumnya dengan sangat mudah.
Revisi Postingan di WordPress memudahkan kita untuk membuat perbandingan mana yang bagus versi setelah revisi atau versi sebelum revisi
Cara Menggunakan Posting Revisi untuk Membatalkan Perubahan di WordPress
Sebagai contoh, katakanlah kamu sedang menulis sebuah artikel atau postingan. Itu adalah postingan yang sangat bagus, tetapi kamu memutuskan untuk memotong sebagian besar artikel itu karena tidak diperlukan. Beberapa hari kemudian, kamu mengunjungi kembali versi yang telah diedit ini dan tidak menyukainya. Bagaimana kamu bisa membatalkan perubahan atau meganti revsii di WordPress?
itulah tepatnya bagian kita selanjutnya! Jadi tanpa basa-basi lagi yukk gaess, mari batalkan perubahan di WordPress.
Buka Antarmuka Revisi
Untuk membatalkan perubahan di WordPress, navigasikan ke layar pengeditan posting/halaman kamu. WordPress menampilkan jumlah revisi di panel Artikel . kamu kemudian dapat mengakses layar revisi postingan dengan mengklik link Edit Revisi.
Pilih Revisi untuk Dipulihkan
Penggeser di bagian atas antarmuka revisi memungkinkan kamu memilih revisi pos mana yang ingin dilihat. Menggeser tombol pada bilah gulir akan membawa ke revisi postingan sebelumnya.
Di bawah penggeser, kamu akan melihat dua kolom di layar revisi. Yang kiri adalah versi awal dari postingan kamu, dan yang kanan adalah revisi terbaru dari postingan kamu.
Konten yang baru ditambahkan disorot dengan warna hijau , sedangkan bagian yang dihapus berwarna merah/merah muda. kamu juga dapat melihat siapa yang melakukan perubahan dan kapan perubahan dilakukan.
Konfigurasi default editor WordPress secara berurutan menampilkan revisi.
Klik Compare any two revisions dan gunakan alat penggeser untuk memilih revisi lebih lanjut yang ingin kamu bandingkan dalam urutan yang tidak berurutan. Melakukannya akan membagi penggeser, dan kamu dapat menggunakan alat penggeser untuk membandingkan perbedaan antara kedua revisi.
Kembalikan Revisi
Seret penggeser ke posisi yang diinginkan dan pilih tombol Restore This Revision untuk mengembalikan ke revisi sebelumnya. Mungkin juga tertulis Restore This Autosave , tergantung pada apakah kamu melihat revisi atau penyimpanan otomatis.
WordPress kemudian akan sepenuhnya memulihkan konten saat ini dengan konten dalam revisi.
Namun, kamu dapat menyalin revisi dari halaman Revision dan menempelkannya secara manual, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ini berguna jika, misalnya, Anda menghapus satu paragraf dan menginginkannya kembali tetapi tidak ingin menghapus semua kontribusi kamu setelahnya.
Dan bingo! Begitulah cara kamu membatalkan perubahan di WordPress!
Batasan dan Penghapusan Revisi Posting WordPress
Meskipun revisi WordPress tentu saja merupakan fitur yang berguna mengenai cara membatalkan perubahan di WordPress, fakta bahwa WordPress menyimpan revisi dalam jumlah tak terbatas (secara default) berarti bahwa revisi dapat mulai menggembungkan basis data Anda karena setiap revisi menambahkan baris baru ke basis data. situs WordPress kamu.
Dengan mengingat hal ini, kami akan menjelaskan cara membatasi revisi posting WordPress dan menonaktifkannya sepenuhnya jika kamu merasa tidak perlu.
Batasi Revisi
Untuk membatasi revisi, kamu harus mengedit cuplikan kode di file wp-config.php . Untuk mengakses file, gunakan klien FTP seperti FileZilla atau cPanel akun hosting kamu. kamu dapat menemukan file tersebut di folder public_html .
Selanjutnya, buka file wp-config.php kamu dan tambahkan potongan kode berikut untuk membatasi revisi posting. Angka tersebut menentukan revisi maksimum yang disimpan untuk setiap posting. kamu dapat mengubah angka tersebut dengan jumlah revisi yang ingin kamu simpan untuk setiap postingan. Sebagai contoh, mari kita batasi hanya tiga.
define(‘WP_POST_REVISIONS’, 3);
Setelah kamu menambahkan kode, klik tombol SIMPAN untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
Nonaktifkan Revisi
Kamu juga dapat menonaktifkan revisi posting lama. Untuk menonaktifkan revisi secara manual, buka wp-config.php kamu dan cari baris kode berikut: /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */
Sebelum baris di atas, tambahkan baris kode berikut dan simpan file.
define(‘WP_POST_REVISIONS’, false);
Untuk mengaktifkan kembali revisi, kamu perlu mengganti kata false dengan true.
Pertanyaan yang Sering Diajukan
Mengapa Anda Harus Menghapus Revisi?
Banyak revisi dapat memperlambat situs web dan menurunkan kualitasnya. Revisi mengambil ruang di database. Ini terutama berlaku untuk situs besar dengan ratusan perubahan.
Apa yang Harus Dilakukan jika Revisi Tidak Muncul?
Demi menghemat ruang server, beberapa penyedia web menonaktifkan revisi. Dalam skenario seperti itu, Anda harus menambahkan satu baris kode ke file wp-config.php, seperti yang dibahas di postingan.
Apakah Mungkin untuk “Membatalkan dan Membatalkan”?
Jangan khawatir jika kamu memutuskan untuk berubah pikiran setelah memulihkan versi konten sebelumnya. Memulihkan selalu menjadi opsi dengan kembali ke antarmuka revisi yang sama. WordPress tidak menghapus revisi lainnya saat Anda menggunakan opsi Pulihkan Revisi Ini . Itu hanya membuat revisi baru menggunakan konten yang telah kamu pulihkan.
Kesimpulan
Membuat kesalahan adalah hal yang sangat wajar. Untungnya, fitur revisi dan penyimpanan otomatis WordPress membuatnya sangat mudah untuk membatalkan perubahan di WordPress.
Menggunakan revisi ini dapat sangat membantu kamu selama proses pembuatan. Kembali ke versi kiriman yang disimpan memungkinkan kamu menjelajahi kreativitas dan bereksperimen dengan konten kamu.
Cukup sekian dulu yaa rekk nanti lanjut lagi belajar infomasi tentang domain. Bermanfaat tidak rekk ? semoga iyaa yaa. Kamu bisa belajar lohh dengan fasilitas menntoring secara gratis melalui platfom belajar website WPClub.id disana kamu akan belajar mulai dari Digital Marketing, Pembuatan website, Media Sosial dan lainnya tentang dunia digital pantengin juga instagram @wpclub_id untuk ilmu terbaru dan terupdate lainnya seputar webinar online maupun offline.
Terdapat dua hal yang sering orang-orang melupa di dalamnya yakni, “Sehat dan Waktu Luang” jadikanlah waktu luang sebagai salah satu kesempatan untuk kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain. Moment kali ini merupakan momen yang paling bahagia, karna bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang-orang baru yang dapat kita ambil manfaat baiknya.
Sebuah kesempatan besar bisa langsung berkenalan dengan calon-calon pebisnis bahkan sudah ada yang memiliki bisnis dan startup mahasiswa yang memiliki potensi besar disuatu hari kelak. Tentunya sangat kita syukuri dengan adanya event ini.
Pada kesempatan kali ini kami bersama para inkubator bisnis dari @rubik.uwks , mahasiswa dan dosen Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, yang bertepatan pada tanggal 17 Maret 2023.
Materi Pelatihan Digital Marketing
Di era yang serba digital pada saat ini, tentunya sangat mudah dalam menjalankan bisnis secara online. Namun, kita harus memiliki skil yang baik dalam pengelolaannya. Maka dari itu, digital marketing tentu sangat dibutuhkan dalam menjalankan pemasaran dalam bisnis yang kita miliki.
Sesi Tanya Jawab
Saking semangatnya para peserta dalam kegiatan ini, terdapat pertanya-pertanyan yang diluncurkan oleh mahasiwa, peserta umum dan bahkan dosen dari Universitas Wijaya Kusuma sendiri pun menyampaikan pertanyaan. Adapun pertanyaan yang di sampaikan oleh peserta umum, mahasiswa tersebut sebagai berikut:
Apakah yang dimaksud dengan Digital Marketing?
Jawab Mentor: Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat.
Bangaimana Langkah digital marketing bagi Pemula?
Jawab Mentor: Terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan bagi pemula, yakni:
Tentukan buyer persona.
Identifikasi kebutuhan target pasar.
Mengenal marketing funnel.
Susun marketing plan.
Mengenal marketing campaign.
Manfaatkan berbagai media digital marketing (Google Bisnisku, WhatsApp bisnis, website, dsb)
Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta. Selepas sesi tanya jawab tersebut telah selesai, para mentor dan dosen memanggil beberapa peserta untuk memberikan merchandise sebagai apresiasi terhadap peserta yang telah berani memberikan pertanyaan-pertanyan yang bagus dan sebagai penyemangat juga kepada semua peserta.
Penyerahan merchandise
Jika kamu melewatkan webinar ini, jangan khawatir! Kamu bisa mengikuti event webinar baik secara online maupun offline, kamu bisa mendapatkan info melalui situs website kami, melalui instagram @dapanel.id atau melalui WPClub.id. Kami berharap dapat bertemu kamu di acara kami berikutnya! See you di next event yaaa …
Holaaa arek-arek! Apakah kalian pernah dengar tentang Domain ID? kalau kamu belum pernah atau masih belum paham, yukk rekk kita belajar bahas bareng – bareng!
Salah satu syarat dari pembuatan website agar mudah dikenali di internet adalah mempunyai domain. Salah satu domain populer selain domain .com adalah domain .id mari kita simak penjelasan berikut ini.
Jadi nihh rekk, Domain id adalah nama unik yang digunakan untuk mengindentifikasi website kita di internet. Domain ini dikhususkan untuk website yang berada di indonesia. sebagai contoh ketika ingin mengunjungi website jasa pembuatan website dapanel, kita bisa menggunakan nama domain “dapanel.id”. Begitu juga dengan website lain yang berdomain .id lainnya
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut tentang kelebihan apa saja jika memiliki domain ID untuk website. lewat penyedia layanan hosting dan cloud terbaik di indonesia. Cek lengkapnya disini Mengetahui 7+ Kelebihan Domain ID untuk Website (dewaweb.com)
Hierarki Domain ID
Tahukah kalian rekk bahwa domain ID sebenarnya memiliki hierarki ? Pada level atas atau tertinggi yang disebut sebagai TLD (Top-Level Domain). TLD ini merupakan bagian paling belakang dari sebuah domain website, seperti “.com”, “.net”, atau “.org”. Dalam penggunaannya Domain.ID dikhususkan untuk lembaga atau institusi tertentu selain itu banyak di pakai di website – website resmi. Penggunaannya dapat dilihat sebagai berikut :
Domain .WEB.ID
Domain ini digunakan untuk berbagai website dan tidak jauh berbeda dengan .my.id
Domain .CO.ID
Domain ini adalah ekstensi yang banyak digunakan dengan kata lain merupakan domain yang populer
Domain .AC.ID
Domain ini adalah ekstensi domain yang khusus digunakan untuk perguruan tinggi atau universitas.
Domain .DESA.ID
Domain ini adalah domain yang sesuai namanya yaitu ektensi domain diperuntukan untuk desa – desa yang ingin membangun website
Domain .GO.ID
Domain ini adalah domain ekstensi yang khusus digunakan oleh berbagai lembaga atau instansi pemerintahan
Domain .OR.ID
Domain ini adalah domain ekstensi yang khusus digunakan untuk organisasi, komunitas, maupun yayasan tertentu
Perlu Diketahui Tentang Domain ID
Jadi nihh rekk, domain ID ini harus di daftarkan dan dikelola oleh lembaga yang disebuat registar. Di indonesia, ada beberapa registar yang telah disetujui pemerintah, Seperti Dewaweb dan PANDI
Setelah proses pendaftaran, Domain ID juga harus diperbarui secara berkala agar tetap aktif domainnya dan tidak dicabut oleh pihak registrar. Oleh karena itu, penting bagi pemilik website memperhatikan masa berlaku domain ID website. Dan melakukan perpanjangan jika diperlukan
Kamu juga bisa loh rek mengecek domain yang kamu pilih itu masih tersedia atau tidak dan sekaligus mendapatkan harga terbaik dan termurah lewat dewaweb. Kamu bisa mengeceknya lewat sini ya Cek & Beli Nama Domain Harga Murah Indonesia di Dewaweb.
Cukup sekian dulu yaa rekk nanti lanjut lagi belajar infomasi tentang domain ID. Bermanfaat tidak rekk ? semoga iyaa yaa. Kamu bisa belajar lohh dengan fasilitas menntoring secara gratis melalui platfom belajar website WPClub.id disana kamu akan belajar mulai dari Digital Marketing, Pembuatan website, Media Sosial dan lainnya tentang dunia digital pantengin juga instagram @wpclub_id untuk ilmu terbaru dan terupdate lainnya seputar webinar online maupun offline.
Acara webinar Digital Marketing yang diselenggarakan di Institute Teknologi dan Bisnis Semarang (Baca: ITB Semarang) pada hari Minggu, 26 Februari 2023. Besarnya dampak Digital Marketing untuk kesuksesan sebuah bisnis menjadi salah satu faktor mengapa Digital Marketing semakin banyak dipelajari oleh berbagai kalangan. Baik dari generasi 90an hingga GenZ,
Acara webinar pelatihan Fundamental WordPress dan Bisnis Digital di ITB Semarang merupakan sebuah acara online yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang CMS WordPress, dan digital marketing kepada para peserta yang ingin memperdalam dan mengembangkan bisnis online mereka.
Acara ini dibawakan langsung oleh Founder WPClub Indonesia yaitu Sinar Hadi Wijaya yang memiliki segudang pengalaman di bidang WordPress dan Digital Marketing selama bertahun-tahun, juga didampingi Wakil Rektor 3 Drs. Endro Pramono dan Ketua Prodi S1 Sistem dan Teknologi Informasi (STI) Prihati S.Si., M.Kom dan segenap tenaga pendidik lainnya, serta para mahasiswa yang datang dari berabagai latar belakang berbeda.
Keseruan Acara Pelatihan Digital Marketing di ITB Semarang
Acara webinar pelatihan digital marketing di ITB Semarang diadakan dengan lancar dan sangat interaktif. Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan ini dan bersemangat untuk mempelajari berbagai Fundamental pembuatan website berbasis WordPress
Kemudian antusiasme peserta semakin meningkat saat memasuki sesi materi strategi digital marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, Content Marketing, dan lain sebagainya untuk mendukung pertumbuhan sebuah bisnis secara digital.
Materi Digital Marketing
Founder WPClub, Sinar Hadi Wijaya sebagai pakar di bidang digital marketing memberikan materi yang sangat berguna bagi peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang digital marketing untuk bisnis.
Para peserta diajarkan tentang cara membuat strategi digital marketing yang efektif dan mengoptimalkan website mereka agar muncul di halaman pertama mesin pencari. Dilengkapi dengan berbagai study kasus yang terjadi di lapangan, membuat acara ini semakin menarik untuk disimak para peserta.
Tak jarang, para peserta juga melontarkan study kasus yang sedang terjadi atau yang sedang mereka alami seperti kendala promosi produk, targeting audience ataupun penggunaan platform sebagai media pemasaran.
Materi Fundamental Bisnis
Selain materi digital marketing, di sesi kedua, para peserta juga diberikan pengetahuan tentang fundamental bisnis yang penting untuk meningkatkan kinerja bisnis online mereka.
Materi yang diajarkan meliputi analisa pasar, pengelolaan keuangan, manajemen bisnis, dan pengembangan produk.
Dengan membuka data dan study kasus di lapangan, para peserta banyak melontarkan pertanyaan yang cukup beragam dan inilah yang membuat acara ini terasa semakin seru, karena materi dan data yang dibawakan ternyata adalah jawaban dari apa yang selama ini para peserta keluhkan dalam berbisnis secara digital.
Sesi Tanya Jawab yang Seru
Acara webinar pelatihan digital marketing di ITB Semarang juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang sangat seru. Para peserta dan pakar di bidang digital marketing saling bertukar pikiran dan memberikan saran yang berguna bagi pengembangan bisnis online mereka.
Sesi tanya jawab juga memungkinkan para peserta untuk mengajukan pertanyaan dan memperjelas konsep yang mungkin belum dipahami dengan baik. Para peserta juga bertanya banyak hal terkait current situation atau situasi terkini dari kendala yang mereka alami dan semua itu terjawab dengan berbagai solusi dan opsi.
Foto Bersama
Acara webinar pelatihan digital marketing di ITB Semarang ditutup dengan foto bersama para peserta, speaker, dan jajaran tenaga pendidik setelah pembagian hadiah bagi para peserta yang sudah berani bertanya sebagai bentuk apresiasi dari narasumber terhadap keberanian para peserta yang berhasil mengalahkan ego dan gengsi mereka untuk bertanya sesuatu yang mereka belum pahami.
Inilah momen yang sangat berkesan bagi para peserta dan narasumber, karena mereka semua dapat mengabadikan momen tersebut dan membawa pulang kenangan dan pengalaman yang berguna sepulang dari acara tersebut.
Penutup
Acara webinar pelatihan digital marketing di ITB Semarang adalah acara yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mempelajari dan memperdalam pengetahuan mereka di bidang digital marketing.
Para peserta diajarkan tentang berbagai fundamental website, teknik digital marketing dan fundamental bisnis yang penting untuk meningkatkan kinerja bisnis online mereka.
Sesi tanya jawab juga memungkinkan para peserta untuk bertukar pikiran dan memberikan saran yang berguna bagi pengembangan bisnis online mereka. Semoga acara serupa dapat terus diadakan di masa depan.
Jika kamu melewatkan webinar ini, jangan khawatir! Kamu bisa mengikuti event webinar baik secara online maupun offline, kamu bisa mendapatkan info melalui situs website kami, melalui instagram dapanel atau melalui WPClub.id. Kami berharap dapat bertemu kamu di acara kami berikutnya! See you di next event yaaa …
Pada tanggal 1 April 2023, Dailyhotels.id dan Agenda Kota berkerja sama dengan WPClub.id menyelenggarakan webinar seo tentang “Optimasi Search Engine Optimization : Praktek, Setting dan Mulai Tanpa biaya ” yang menghadirkan pembicara yaitu Mas Hadi Sinar Wijaya CEO Dapanel Media Indonesia sekaligus Founder dari WP Club indonesia. Yang membagikan wawasannya tentang cara meningkatkan peringkat situs website di mesin pencari baik Google maupun Bing. Acara ini diikuti oleh berbagi ragam peserta mulai dari pencari kerja, it ethusiast, sampai staff hotel yang sangat bersemangat sekali untuk mempelajari lebih lanjut tentang rahasia pengoptimalan SEO.
Kedekatan Antara Pembicara dan Peserta Webinar SEO
Webinar dimulai dengan presentasi dari mas hadi sebagai pembicara yaitu perkenalan siapa mas hadi, latar belakangnya dan pengalamannya di dunia SEO. Tidak lupa juga perkenalan juga untuk para peserta yang berasal dari beragam latar belakang mulai dari jobseeker, mahasiswa, It ethusiast, sampai staff hotel. Disini terjalin kedekatan antara mas hadi sebagai pembicara dan peserta dengan adanya interaksi interaktif dan canda tawa yang ada di webinar seo ini.
Pentingnya Struktur Website Dalam SEO
Selanjutnya, Mas Hadi menerangkan menurutnya pertama cara mengoptimalkan SEO On Page bagi pemula adalah memiliki situs web yang terstruktur dengan baik. Dia menjelaskan bagaimana struktur situs web yang baik dapat membantu mesin pencari merayapi dan mengindeks halaman dari sebuah website dengan lebih efisien, sehingga menghasilkan SERP (Search Engine Result Page) yang lebih baik.
Kecepatan Website Berpengaruh Dalam SEO
Dalam Webinar SEO ini, Mas Hadi menjelaskan bahwa sebelum mengerjakan SEO On Page atau kontennya. Kita harus mengomptimalkan Teknikal SEO nya yaitu salah satunya adalah kecepatan website atau load dari sebuah website. Menurutnya mesin pencari terkhusnya Google suka dengan website nya load nya cepat. Mas Hadi menambahkan website yang cepat adalah website yang load nya kurang dari 3 Detik karena ini akan berpengaruh pada algoritma Google EEAT yaitu Experience.
Sesi Tanya Dan Jawab Yang Seru
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta webinar SEO ini memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Mas Hadi tentang pengoptimalan SEO. Mas Hadi memberikan wawasan berharga dengan sedikit canda tawa untuk mencairkan suasana webinar ini dan membagikan cara praktis yang dapat diterapkan para peserta ke situs website mereka sendiri. Dan yang paling penting dalam sesi ini semua peserta dapat konsultasi secara langsung dengan Mas Hadi Study by Case.
Berbuka Bersama Antar Peserta Webinar SEO
Karena dilaksanakan di bulan suci ramadhan. Webinar SEO ini dilaksanakan mulai jam 3 sore sampai berbuka. Disela sela penyampaian materi terdengar suara adzan yang menandakan bahwa waktu berbuka puasa telah tiba para staff, peserta, dan pembicara melakukan kegiatan berbuka bersama di hotel novotel samator surabaya dengan menu ayam goreng pandan dan pelengkapnya yang lezat dari hotel.
Webinar SEO Yang Interaktif, Seru, dan Berkesan
Secara keseluruhan, webinar SEO ini memberikan pengetahuan dan kiat praktis tentang pengoptimalan SEO. Secara interaktif dan seru sehingga mencairkan suasana dan Peserta meninggalkan acara dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara meningkatkan peringkat situs website mereka di mesin pencari dan menarik lebih banyak lalu lintas organik.
Jika kamu melewatkan webinar ini, jangan khawatir! Kamu bisa mengikuti event webinar baik secara online maupun offline, kamu bisa mendapatkan info melalui situs website kami, melalui instagram dapanel atau melalui WPClub.id. Kami berharap dapat bertemu kamu di acara kami berikutnya! See you di next event yaaa …