Mengenal Domain ID: Definisi, Hierarki, dan Urgensinya

Holaaa arek-arek! Apakah kalian pernah dengar tentang Domain ID? kalau kamu belum pernah atau masih belum paham, yukk rekk kita belajar bahas bareng – bareng!

Salah satu syarat dari pembuatan website agar mudah dikenali di internet adalah mempunyai domain. Salah satu domain populer selain domain .com adalah domain .id mari kita simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Simak Keseruan Event Webinar SEO Ramadhan Daily Festival 2023

Definisi Domain ID

Jadi nihh rekk, Domain id adalah nama unik yang digunakan untuk mengindentifikasi website kita di internet. Domain ini dikhususkan untuk website yang berada di indonesia. sebagai contoh ketika ingin mengunjungi website jasa pembuatan website dapanel, kita bisa menggunakan nama domain “dapanel.id”. Begitu juga dengan website lain yang berdomain .id lainnya

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut tentang kelebihan apa saja jika memiliki domain ID untuk website. lewat penyedia layanan hosting dan cloud terbaik di indonesia. Cek lengkapnya disini Mengetahui 7+ Kelebihan Domain ID untuk Website (dewaweb.com)

Hierarki Domain ID

Tahukah kalian rekk bahwa domain ID sebenarnya memiliki hierarki ? Pada level atas atau tertinggi yang disebut sebagai TLD (Top-Level Domain). TLD ini merupakan bagian paling belakang dari sebuah domain website, seperti “.com”, “.net”, atau “.org”. Dalam penggunaannya Domain.ID dikhususkan untuk lembaga atau institusi tertentu selain itu banyak di pakai di website – website resmi. Penggunaannya dapat dilihat sebagai berikut :

Domain .WEB.ID

Domain ini digunakan untuk berbagai website dan tidak jauh berbeda dengan .my.id

Domain .CO.ID

Domain ini adalah ekstensi yang banyak digunakan dengan kata lain merupakan domain yang populer

Domain .AC.ID

Domain ini adalah ekstensi domain yang khusus digunakan untuk perguruan tinggi atau universitas.

Domain .DESA.ID

Domain ini adalah domain yang sesuai namanya yaitu ektensi domain diperuntukan untuk desa – desa yang ingin membangun website

Domain .GO.ID

Domain ini adalah domain ekstensi yang khusus digunakan oleh berbagai lembaga atau instansi pemerintahan

Domain .OR.ID 

Domain ini adalah domain ekstensi yang khusus digunakan untuk organisasi, komunitas, maupun yayasan tertentu

Artikel Terkait  5 Cara Mudah Memilih Nama Domain yang Menarik dan Unik

Perlu Diketahui Tentang Domain ID

Jadi nihh rekk, domain ID ini harus di daftarkan dan dikelola oleh lembaga yang disebuat registar. Di indonesia, ada beberapa registar yang telah disetujui pemerintah, Seperti Dewaweb dan PANDI

Setelah proses pendaftaran, Domain ID juga harus diperbarui secara berkala agar tetap aktif domainnya dan tidak dicabut oleh pihak registrar. Oleh karena itu, penting bagi pemilik website memperhatikan masa berlaku domain ID website. Dan melakukan perpanjangan jika diperlukan

Kamu juga bisa loh rek mengecek domain yang kamu pilih itu masih tersedia atau tidak dan sekaligus mendapatkan harga terbaik dan termurah lewat dewaweb. Kamu bisa mengeceknya lewat sini ya Cek & Beli Nama Domain Harga Murah Indonesia di Dewaweb.

Cukup sekian dulu yaa rekk nanti lanjut lagi belajar infomasi tentang domain ID. Bermanfaat tidak rekk ? semoga iyaa yaa. Kamu bisa belajar lohh dengan fasilitas menntoring secara gratis melalui platfom belajar website WPClub.id disana kamu akan belajar mulai dari Digital Marketing, Pembuatan website, Media Sosial dan lainnya tentang dunia digital pantengin juga instagram @wpclub_id untuk ilmu terbaru dan terupdate lainnya seputar webinar online maupun offline.

Sharing this article :
Donni Anugrah Melfiansyah

Donni Anugrah Melfiansyah

Donni Melfiansyah Content Writer di WP Club Indonesia, Antusias dengan Website, SEO serta Media Sosial dan keep learning tentang Digital Marketing.

Articles: 12