Tutorial Cara Optimasi Kecepatan Website dari cPanel Hosting

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan kecepatan website, salah satunya adalah dengan menggunakan cPanel hosting.

cPanel hosting adalah panel kontrol yang memudahkan pengguna untuk mengelola website mereka, termasuk mengoptimalkan kecepatan website. 

Oleh karena itu selanjutnya kita akan membahas beberapa point penting yang harus diperhatikan dalam optimasi website dengan Cpanel Hosting yaitu: 

Pentingnya Optimasi Loading Speed

Google sangat memperhatikan kecepatan sebuah website dan telah memasukkan faktor kecepatan dalam penilaian algoritma di mesin pencari mereka. Ini terungkap dari sumber resmi Google, seperti yang diambil dari jurnal Search Engine Journal.

Faktanya, kecepatan halaman website tetap menjadi faktor penentu peringkat. Google telah menegaskan bahwa kecepatan halaman mempengaruhi bagaimana posisi website kita di hasil mesin pencarian.

Selain itu, Yoast, salah satu plugin SEO, juga menjelaskan artikel yang serupa tentang Page Speed dan pengaruhnya terhadap SEO. Artikel ini bisa dibaca di situs resmi Yoast dan Daily SEO yang menjelaskan bahwa kinerja server memiliki dampak besar pada SEO sebuah website.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk memilih server yang tepat agar kinerja website Anda bisa maksimal dan muncul di peringkat pencarian Google.

Tips Memilih Hosting yang Tepat

Ketika memilih hosting dari provider seperti Dewaweb, penting untuk memastikan bahwa pilihan hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini tidak hanya sebatas masalah kapasitas penyimpanan, tetapi CPU memory dan dan penyimpanan yang dibutuhkan bila menggunakan WordPress.

Meskipun WordPress dapat berjalan lancar dengan memori 256 MB, saat menggunakan Page Builder seperti Elementor atau lainnya, disarankan untuk meningkatkan batas memori menjadi 1 GB. Contohnya, Elementor sendiri merekomendasikan batasan memori yakni 512 MB.

Jika menggunakan Elementor, disarankan untuk menggunakan kapasitas memori yang lebih besar, yakni storage minimal 4 GB. Dewaweb menyediakan hal ini dan di paket Warrior dan Anda akan mendapatkan tema dan plugin premium secara gratis.

Tidak jarang juga, paket-paket khusus dari Dewaweb, seperti paket Warrior, menyertakan domain.com secara gratis. Anda bisa menghubungi tim support Dewaweb untuk melakukan klaim atau mendapatkan informasi lebih lanjut dari tim Ninja mereka.

Artikel Terkait  Tips Menulis Artikel SEO Berdasarkan Tone of Voice Company

Langkah Optimasi Website dari Cpanel

Optimasi Website dari CPanel Dewaweb merupakan langkah penting dalam mengelola hosting. Dalam CPanel Dewaweb, terdapat beragam informasi yang berguna, seperti pengaturan dasar hosting.

CPanel memungkinkan pengguna untuk mengelola email, file, database, domain Matrix, dan lainnya. Fokus kali ini adalah optimasi dari sisi panelnya.

1. Mengkopres Semua Konten

Langkah pertama adalah masuk ke kolom software dan klik ‘Optimasi Website’. Di sini, Anda dapat mengkompres semua konten. Tujuannya adalah mengurangi ukuran file yang dikirim ke browser pengunjung, sehingga mempercepat proses pengiriman.

2. Upgrade PHP Version

Langkah berikutnya adalah menggunakan ‘Select PHP Version’ atau ‘Multi PHP Manager’. Rekomendasi umumnya adalah menggunakan PHP versi 7.4 ke atas, atau versi terbaru seperti 8.1 untuk optimalitas. Pastikan untuk memeriksa versi PHP saat ini yang digunakan oleh website Anda.

3. Aktifkan Ektensi PHP

Jangan lupa untuk mengaktifkan ekstensi PHP yang dibutuhkan, seperti json dan mysqli untuk WordPress. Rekomendasi tambahan untuk mengoptimalkan plugin dan tema adalah mengaktifkan ekstensi seperti dom, xif, file info, igbinary, imagick, intl, mbstring, OpenSSL, PCRE, XML, dan zip.

4. Install Plugin Pembantu

Beberapa plugin seperti Litespeed Cache atau WP Rocket membutuhkan memcache atau redis. Pastikan untuk mengaktifkan salah satunya. Selain itu, untuk plugin tambahan seperti Elementor atau WooCommerce, perlu dilakukan pengecekan ekstensi PHP yang dibutuhkan agar plugin tersebut dapat berjalan dengan lancar.

5. Perhatikan Limit Memory

Terakhir, pada bagian ‘Option’, perbesarlah nilai memory limit, maksimum post size, dan upload max size. Pastikan nilai upload max size lebih besar daripada post max size.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan optimasi website Anda melalui CPanel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tutorial lengkapnya bisa dilihat di video berikut ini:

Sharing this article :
Hibat Darmawan

Hibat Darmawan

Articles: 19