SEO Content Writer: Definisi & Tips Bangun Portofolionya!

Apa itu SEO Content Writer?

SEO Content Writer seringkali masih disamakan dengan jenis bidang penulisan lainnya yang memiliki title hampir mirip tapi memiliki tujuan yang berbeda seperti Content writing, SEO Content Writing dan Copywriting. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang seluk beluk SEO Content Writer.

SEO Content Writer

Pengertian Content Writing

Content writing adalah proses menulis konten yang relevan, menarik dan berharga untuk konsumen atau pembaca dan output biasanya adalah tulisan blog, caption dan opini tanpa melewati proses riset kata kunci terlebih dahulu, dengan tujuan memberikan informasi baru kepada pembaca dan sebagai hiburan.

Content Writing seperti ini biasanya dimuat di website pribadi atau personal blog yang menonjolkan cerita dari pribadi sang pemilik website, tulisan semacam content writing ini juga biasanya disebut dengan free writing.

Pengertian SEO Content Writing

SEO Content Writing biasanya merupakan jenis penulisan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencarian seperti Google, biasanya output dari tulisan ini bisa dibaca di website komersial, blog, media dan lain sebagainya.

Penulisan Artikel SEO biasanya membutuhkan riset kata kunci dan riset kompetitor yang lumayan panjang dan berbeda dengan penulisan content biasa. Terdapat beberapa hal yang perlu dioptimasi agar sesuai dengan Algoritma Google.

Tujuan dari pembuatan SEO Artikel yakni untuk mendapatkan peringkat pertama di halaman pencarian google dan mendapatkan traffic organik yang lebih tinggi. SEO Content Writing biasanya dibuat berdasarkan SEO Plan yang sudah direncakan sebelumnya.

Copywriting

Pengertian dari copywriting sendiri adalah seni proses menulis teks persuasif atau iklan dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk, layanan atau merek tertentu, output dari copywriting biasanya berupa naskah iklan, layanan, atau untuk brand tertentu.

Tulisan Copywriting ini biasanya dibuat oleh copywriter dengan brief yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disesuaikan dengan kebutuhan dari brand. Hal ini dilakukan agar copy yang dikeluarkan sesuai dengan target pasar.

Kenapa SEO Writing Penting?

Sebelumnya, kita harus mengetahui bagaimana SEO bekerja, SEO bekerja dengan mengikuti algoritma dari mesin pencarian seperti Google, selain itu juga untuk mengindeks dan menampilkan situs web di halaman hasil pencarian. Perlu diketahui juga bahwa banyak teknik yang bisa diterapkan agar situs bisa tampil di halaman pertama Google.

Artikel Terkait  Search Generative Experience: Tips dan Strategi di 2024

SEO Sendiri adalah serangkaian SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat suatu situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Gambaran Pekerjaan SEO Content Writer

Content Writer biasanya dituntut untuk mengetahui dasar SEO. Tujuannya agar menghasilkan artikel berkualitas dan mampu diindeks Google lewat kata kunci yang sudah dioptimasi, berikut beberapa langkah untuk menulis SEO Friendly

Menentukan Topik dan Target Pembaca

Setiap media/website tentu punya target pembaca berbeda. Pendekatan dulu. Gimana caranya? banyak-banyak baca media yang kamu tuju. Tujuannya juga simpel. Biar memudahkan kamu menyusun tulisan dan konten contohnya seperti media yang memiliki target pembaca di kalangan tertentu saja seperti generasi milineal, gen z atau dewasa dan profesional.

Setelah itu bisa menentukan topik yang relevan dengan target pembaca tersebut, agar artikel yang dibuat bisa menarik target pembaca tersebut. Kamu bisa dengan mulai mengumpulkan ide-ide tulisan bisa dari pengamatan atau membaca sebuah referensi tertentu seperti salah satunya website luar negeri.

Selain itu bisa memanfaatkan apa yang sedang trending seperti Google Trend, Media sosial seperti twitter, instagram dan Tiktok, melalui riset topik membantu penulis buat mengembangkan ide-ide untuk membuat tulisan.

Membuat Judul Efektif dan Efisien

Berikut ini beberapa tips membuat judul yang menarik, efektif dan efisien yang bisa diterapkan untuk artikel agar menjadi SEO friendly, langkah pertama harus menentukan topik terlebih dahulu pastikan judul harus memuat topik, yang menarik dibagian awal, tengah atau akhir.

Pastikan juga untuk keyword yang dibuat singkat, padat dan jelas sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima dengan mudah oleh user, secara idealnya judul yang bagus memuat 72 karakter termasuk huruf, spasi dan tanda baca. Apabila terlalu banyak memasukan karakter di judul, nantinya tidak akan terdeteksi oleh Google.

Selalu gunakan kalimat aktif, agar lebih mudah dimengerti, selalu menggunakan kalimat
aktif, memuat Subjek (S), Predikat (P), Obyek (O), dan Keterangan (K), yang divariasi dengan beberapa
jenis kata, posisi , dan tanda baca. Bisa juga dengan menambahkan angka agar judul menjadi lebih menarik.

Artikel Terkait  Cara Membuat Portofolio SEO Content Writer

Pastikan juga untuk penerapan EYDnya sudah tepat, jangan lupa selalu cek KBBI agar judul artikel tetap mengikuti aturan yang berlaku dalam bahsaa Indonesia. KBBI edisi V bisa diunduh di Play Store/App Store sehingga bisa dicek dengan mudah.

Memilih dan Meriset Keyword

Sebelum melakukan riset keyword kamu perlu memahami 3 jenis keyword yang sesuai dengan tujuan usernya yakni informational keyword yang biasanya querinya berhubungan dengan user yang sedang ingin mencari jawaban terkait dengan informasi umum.

Jenis keyword yang kedua yakni nevigational keyword yang biasa digunakan untuk mencari sebuah situs tertentu sacara langsung. Selah satu keyword yang perlu dioptimalkan adalah bagian dari brand anda sendiri atau sering disebut dengan brand mention.

Lalu keyword selanjutnya adalah transactional keyword yang berhubungan dengan keinginan untuk berbelanja atau membeli sebuah produk tertentu, user ingin tahu mereka ingin membeli sesuatu tetapi belum mengetahui dimana mereka harus membelinya.

Setelah memahami jenis keyword tersebut, kamu bisa masuk untuk mulai melalui riset keyword sesuai dengan kebutuhan dari artikel yang kamu buat, Tujuan riset keyword adalah agar mendapatkan kata kunci yang tepat dengan volume pencarian tertinggi yang dapat dioptimalkan ke konten. Sehingga menghasilkan tulisan SEO Friendly dan masuk halaman pertama Google.

Struktur Penulisan Artikel SEO

SEO Content Writer

Berikut adalah contoh format penulisan Artikel SEO Friendly yang menarik dan dapat diterapkan untuk website:

  1. Judul menarik
  2. Bahasa yang mudah dipahami (tidak berbelit-belit, tidak boros kata, jelas, dan menyesuaikan target pembaca)
  3. Perhatikan tanda baca (titik, koma, tanda petik, italic buat bahasa asing)
  4. Wajib pakai heading (H1-H3) (tujuannya agar tulisan terstruktur)
  5. Pembuka – isi (inti tulisan) – kesimpulan (perhatikan jumlah kata. Umumnya 300-600 kata)
  6. Internal link dan external link
  7. Periksa kepadatan kata kunci (cara menghitung kata kunci ideal: total kata kunci yang disebutkan/jumlah kata x 100%) kata kunci ideal: 1,0 – 2,0% lebih dari itu spam
  8. Gambar
  9. Buat konten yang berkualitas dan informatif, referensi yang akurat

Tips Membangun Portofolio SEO Content Writer

Tips Portofolio SEO Content Writer

Portofolio menjadi salah satu poin penting karena dengan portofolio kita bisa memberitahukan banyak hal ke orang lain, seperti pengalaman, membuktikan kemampuan, memperkaya konsistensi dan gaya penulisan, memperlihatkan konsistensi dan gaya penulisan samapai kredibiltas dan memudahkan memasarkan jasa.

Artikel Terkait  Sinergi Dinner Dewaweb Bersama VIP Partnership di Jawa Timur

Apa itu Portofolio SEO Content Writer?

Portofolio content writer adalah kumpulan contoh kerja tulisan yang menunjukkan kemampuan dan gaya penulisan. Portofolio ini berfungsi sebagai alat untuk memperlihatkan kepada calon klien atau perekrut apa yang dapat ditawarkan oleh seorang content writer.

Tips untuk membuat portofolio bisa dengan mulai menulis dulu terkait dengan topik yang ingin kamu bahas, lalu mengumpulkan karya dari berbagai platform yang sudah terisi oleh tulisanmu terlebih dahulu, jangan lupa untuk memilih karya terbaik dan informatif.

Jangan lupa untuk melengkapi portofolio kamu dengan pencapaian dan prestasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar lalu langkah terakhir pilih platform yang cocok untuk membuat portofoliomu.

Semoga informasi di atas bisa memberikan semangat dan informasi baru untuk kamu yang baru terjun di dunia SEO Content Writer!

Sharing this article :
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Articles: 117