Search Generative Experience: Tips dan Strategi di 2024

Apa itu SGE?

SGE adalah search generative experience yang merupakan AI Generative yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang dapat menghasilkan konten baru (seperti : text, images, video, maupun audio).

Bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan terhadap users dengan cara menampilkan jawaban tersebut setelah melewati bahasa pemograman.

merupakan inovasi Google yang memanfaatkan teknologi generative AI untuk mempermudah proses pencarian informasi yang relevan di Google.

SGE sudah tersedia di 120 Negara termasuk Indonesia yang sudah bisa dicoba dengan cara mengaktifkan SGE di browser Google Chrome menggunakan https://labs.google.com/search.

Fitur-Fitur Apa Saja yang Ada di SGE?

Berikut terdapat beberapa fitur yang bisa dinikmati oleh user dari Search Generative Experience (SGE) merupakan salah satu fitur yang terus dikembangkan dengan tujuan untuk menyajikan hasil pencarian yang lebih kaya, informatif, dan relevan.

Selain itu, berfungsi juga untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan jawaban langsung, dan memfasilitasi akses cepat ke informasi yang dicari.

Terdapat beberapa fitur berikut ini yang bisa dimanfaatkan oleh user secara langsung:

1. FAQ, People Also Ask, & Knowledge Panel Features

SGE dapat menampilkan hasil pencarian dengan fitur FAQ, People Also Ask, dan Knowledge Panel untuk memberikan informasi yang lebih terperinci dan memenuhi berbagai kebutuhan user dalam satu kali klik saja.

Selain itu user akan diberikan informasi sesuai dengan pertanyaan secara langsung seperti menggunakan chatGPT, tidak hanya itu user juga akan diberikan knowledge dan panel fratures terbaru yang relevan

2. The Local Pack Feature

SGE mendukung Local Pack Feature, yang berfokus pada hasil pencarian lokal. Ini dapat mencakup peta, ulasan bisnis, dan informasi lokasi terkait lainnya. Hasil pencarian ini biasanya akan menampilkan hasil pencarian dari usaha yang berada di sekitar pengguna.

Local pack feature juga bisa membantu user untuk menemukan produk, bisnis dan sesuatu yang dibutuhkan oleh user secara langsung. Selain itu juga akan memberikan local pack feature untuk memberikan informasi terbaru.

3. Relevan Sitelinks

SGE dapat menampilkan sitelinks yang lebih relevan dan membantu pengguna langsung menuju halaman-halaman spesifik di situs web. Hasil pencarian dari user akan dilengkapi dengan link yang akan membantu user menemukan informasi lebih lengkap.

Tidak hanya itu saja relevan sitelinks, juga akan membantu pengguna secara langsung untuk mendapatkan informasi ke website. Tidak hanya itu saja relevan sitelinks

4. Shopping & Reviews

Dalam era e-commerce, peran SGE sangat terasa dalam meningkatkan pengalaman belanja online. SGE tidak hanya menyajikan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, tetapi juga memperkaya informasi dengan fitur Shopping dan ulasan produk.

Pengguna yang mencari produk dengan kata kunci pembeli yang jelas mendapati hasil pencarian yang lebih relevan dan informatif.

Selain itu, ulasan produk yang ditampilkan dapat membantu pengguna membuat keputusan yang lebih terinformasi, meningkatkan kepercayaan pada produk yang mereka pertimbangkan untuk dibeli.

5. Product Details & Store Listings

SGE memungkinkan pengalaman belanja online yang lebih menyeluruh dengan menampilkan detail produk dan daftar toko yang relevan. Pengguna tidak hanya mendapatkan informasi tentang produk yang mereka cari, tetapi juga dapat melihat opsi toko yang tersedia.

Hal ini menciptakan kesempatan bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Artikel Terkait  Mengenal SEO Content Writer Pekerjaan yang Menjanjikan di 2024

Selain itu, dengan informasi yang lebih kaya, pelanggan dapat membuat keputusan belanja yang lebih baik, meningkatkan kepuasan mereka dan mendorong loyalitas terhadap merek atau toko online tertentu.

6. Sponsored Ads & Featured Snippets

Dalam ekosistem iklan online, SGE memiliki peran vital dalam mendukung tampilan iklan berbayar dan featured snippets. Keberadaan sponsored ads memberikan peluang bagi pengiklan untuk mencapai audiens target mereka secara lebih efektif.

Sementara itu, featured snippets memberikan ruang untuk menonjolkan konten yang sangat relevan dan memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan pengguna.

Dengan begitu, pengguna dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari, dan pengiklan dapat meningkatkan visibilitas mereka di antara hasil pencarian.

7. News And Top Stories

Bagi mereka yang mencari berita terkini dan top stories, SGE menyajikan hasil pencarian yang lebih dinamis.

Dengan kemampuan untuk memberikan pembaruan berita dan artikel terkini, SGE memberikan pengalaman yang lebih cepat dan relevan bagi pengguna yang ingin tetap up-to-date dengan perkembangan terkini di berbagai bidang.

Ini juga memberikan kesempatan bagi penerbit berita untuk memperoleh lalu lintas yang lebih tinggi dan memperluas jangkauan pembaca mereka melalui hasil pencarian yang lebih adaptif dan responsif terhadap tren informasi terkini.

8. Relevant Images

Dalam upaya memberikan konten yang lebih visual, SGE memainkan peran penting dengan menampilkan galeri gambar yang relevan dan informatif.

Pengguna dapat mengakses gambar-gambar yang mendukung konten pencarian mereka, memberikan dimensi visual tambahan yang membantu pemahaman dan penjelasan.

Dengan demikian, SGE tidak hanya menjawab pertanyaan pengguna dengan teks, tetapi juga memberikan konteks visual yang lebih kaya, menciptakan pengalaman pencarian yang lebih lengkap dan memuaskan.

9. Relevant Video

Fokus SGE pada video membuka peluang baru dalam pengalaman pencarian. Dengan menampilkan video yang sesuai dengan pertanyaan pengguna, SGE memberikan opsi konsumsi konten yang lebih dinamis dan menarik.

Pengguna dapat dengan mudah menemukan tutorial, review produk, atau konten informatif lainnya dalam bentuk visual. Bagi pemasar dan pembuat konten, ini menekankan pentingnya mengoptimalkan strategi konten untuk video agar lebih mudah diakses dan diidentifikasi oleh SGE.

10. Relevant Events

SGE membantu pengguna menemukan hasil pencarian terkait acara, jadwal, dan informasi terkait lainnya. Ini memberikan layanan yang lebih spesifik untuk kebutuhan pengguna yang mencari informasi terkait acara khusus, seminar, atau kegiatan lainnya.

Pembaruan dinamis ini memastikan bahwa hasil pencarian tetap relevan dan akurat, membantu pengguna merencanakan kegiatan mereka dengan lebih baik.

11. Relevant Code Tips

Bagi para pengembang dan pecinta teknologi, SGE memberikan hasil pencarian terkait pengembangan perangkat lunak dengan memberikan tips dan informasi seputar kode.

Ini memudahkan mereka yang mencari panduan atau solusi spesifik terkait pemrograman dan pengkodean.

SGE dengan demikian berfungsi sebagai alat yang membantu memfasilitasi pertukaran informasi teknis, menciptakan ruang yang lebih mudah diakses dan dimengerti bagi komunitas pengembang.

12. Relevan Unavailable Queries

Jika sebuah pertanyaan tidak memiliki jawaban langsung, SGE dapat memberikan hasil yang paling relevan atau menawarkan sumber daya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Google SGE tidak hanya memberikan informasi yang lebih lengkap tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyajikan jawaban langsung dan konten yang lebih menarik melalui berbagai fitur yang ada dalam hasil pencarian.

Artikel Terkait  Pengaruh Google Spam Update Pada Indexing Content

Selain itu, SGE juga memiliki potensi untuk digunakan sebagai chatbot atau sumber informasi terkini dalam pembaruan berita. Google SGE dapat menghasilkan informasi yang lebih lengkap dan membantu pengguna dalam menemukan tautan yang relevan

Fitur ini juga dapat memperbaiki pengalaman pengguna dengan memberikan jawaban langsung melalui halaman hasil pencarian, serta gambar, animasi, dan video yang lebih menarik dan informatif.

Google SGE dapat digunakan sebagai chatbot untuk menjawab pertanyaan pengguna atau memberikan informasi terkini melalui pembaruan berita.

Dampak SGE terhadap SEO?

Berikut merupakan beberapa dampak SGE terhadap SEO yang bisa memberikan dampak secara langsung kepada user. Terdapat tiga dampak yang bisa dirasakan secara langsung oleh user sebagai berikut ini:

Peningkatan Relevansi Konten

SGE berdampak positif terhadap SEO dengan meningkatkan relevansi konten. Algoritma ini dapat memahami konteks pencarian secara lebih baik, sehingga konten yang disajikan lebih sesuai dengan niat pengguna.

Peningkatan Visibilitas Melalui Rich Snippets

Salah satu dampak signifikan dari SGE adalah peningkatan penggunaan rich snippets. Website yang dioptimalkan untuk snippet kaya memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian pengguna dan mendapatkan klik.

Pentingnya Konten Berkualitas

Dengan SGE, kualitas konten menjadi lebih krusial. Google semakin menekankan konten yang informatif, relevan, dan memberikan nilai tambah kepada pengguna. Oleh karena itu, fokus pada pembuatan konten yang berkualitas akan memberikan dampak positif pada peringkat SEO.

Pengaruh SGE terhadap User Experience

Salah satu fokus utama Google SGE adalah meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi hasil pencarian.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban yang lebih lengkap dan memperdalam pengetahuannya melalui fitur seperti chatbot, link terkait, dan informasi tambahan.

Dengan pengalaman pencarian yang lebih baik dan lebih interaktif, pengguna akan lebih puas dan kemungkinan besar kembali menggunakan Google sebagai mesin pencari pilihan mereka.

Tips Mempersiapkan SGE?

Mempersiapkan SGE memerlukan pendekatan yang terencana dan terfokus. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan situs atau konten Anda menghadapi perubahan algoritma Google SGE:

  1. Optimalkan Konten untuk Pemahaman Bahasa Alami (NLU)Mempersiapkan SGE melibatkan penyesuaian konten agar sesuai dengan pemahaman bahasa alami. Fokus pada penggunaan bahasa yang lebih natural dan menjawab pertanyaan pengguna dengan jelas untuk meningkatkan relevansi.
  2. Prioritaskan Struktur Data Terstruktur
    Struktur data yang terstruktur membantu SGE memahami konten situs dengan lebih baik. Pastikan menggunakan markup schema yang sesuai untuk membantu mesin pencari memahami tipe konten dan informasi yang disajikan.
  3. Konten yang Komprehensif dan Terkini
    SGE lebih condong kepada konten yang komprehensif dan terkini. Perbarui konten secara berkala, dan pastikan konten memberikan jawaban menyeluruh terhadap pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pengguna.

SEOxSGE

SEO yang efektif harus sejalan dengan perubahan dan peningkatan algoritma mesin pencari, termasuk SGE. Berikut adalah beberapa prinsip SEO yang dapat diintegrasikan dengan SGE:

  1. Pemahaman Mendalam terhadap NLU dan SGE
    SEO harus mencakup pemahaman mendalam tentang Natural Language Understanding (NLU) dan SGE. Menyesuaikan strategi SEO dengan cara SGE memahami bahasa membantu meningkatkan relevansi dan peringkat konten.
  2. Konten Berfokus Pengguna
    Posisikan SEO sebagai alat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Konten yang memberikan nilai tambah dan memenuhi kebutuhan pengguna akan lebih dihargai oleh SGE, yang dapat berdampak positif pada peringkat SEO.
  3. Adopsi Teknologi Terbaru
    SEO harus mengikuti perkembangan teknologi terkini, termasuk algoritma SGE. Menerapkan teknologi terbaru dan beradaptasi dengan perubahan algoritma membantu mempertahankan dan meningkatkan kinerja SEO.
Artikel Terkait  Cara Mengatasi Japanese Keyword Hack di WordPress

Maximizing Generative AI

Maksimalkan kegunaan Generative AI dengan mengintegrasikannya secara bijak dalam strategi konten dan pemasaran. Berikut adalah langkah-langkah untuk memaksimalkan potensi Generative AI:

  1. Penggunaan Generative AI dalam Pembuatan Konten
    Manfaatkan Generative AI untuk mempercepat proses pembuatan konten. Dengan algoritma generatif, Anda dapat menghasilkan ide, judul, dan bahkan paragraf secara cepat, membantu mengoptimalkan produktivitas tim konten.
  2. Personalisasi Konten dengan Generative AI
    Gunakan Generative AI untuk personalisasi konten berdasarkan preferensi pengguna. Dengan memahami pola perilaku pengguna, Anda dapat menghasilkan konten yang lebih relevan dan menarik perhatian target audiens.
  3. Optimalkan SEO dengan Generative AI
    Integrasikan Generative AI dalam strategi SEO untuk membuat konten yang lebih sesuai dengan kata kunci dan niat pencarian. Ini dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian dan memaksimalkan visibilitas online.

The Rise of Voice Search & AI’s Role

Dengan meningkatnya popularitas pencarian suara, peran AI menjadi semakin penting. Berikut adalah aspek kunci yang perlu dipertimbangkan dalam menghadapi tren ini:

  1. Optimasi Konten untuk Pencarian Suara
    Konten harus dioptimalkan untuk pertanyaan-pertanyaan suara. Perubahan gaya bicara dan fokus pada kata-kata kunci long tail membantu meningkatkan visibilitas di pencarian suara.
  2. Integrasi Asisten Virtual pada Situs Web
    Memperkenalkan asisten virtual atau chatbot yang didukung AI pada situs web dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Hal ini membantu pengguna mendapatkan informasi lebih cepat dan secara efisien.
  3. Analisis Data untuk Pemahaman Pola Suara Pengguna
    Gunakan AI untuk menganalisis data suara pengguna. Pemahaman pola suara pengguna membantu meningkatkan personalisasi konten dan menyesuaikan strategi SEO dengan cara yang lebih relevan.

Hyper-Personalized Content

Konten yang sangat personal dapat meningkatkan keterlibatan pengguna. Berikut adalah cara untuk membuat konten hyper-personalized:

  1. Analisis Data Pengguna
    Gunakan data pengguna untuk memahami preferensi dan perilaku mereka. Dengan analisis data yang mendalam, Anda dapat membuat konten yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan individu.
  2. Segmentasi Pengguna
    Bagi audiens menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan khusus. Hal ini memungkinkan Anda membuat konten yang lebih relevan untuk setiap segmen, meningkatkan kesan personalisasi.
  3. Automatisasi Personalisasi dengan AI
    Manfaatkan teknologi AI untuk otomatisasi personalisasi konten. Dengan algoritma yang cerdas, Anda dapat menyajikan konten yang disesuaikan secara otomatis, meningkatkan respons pengguna dan interaksi mereka dengan situs atau produk.

Tips SEO 2023 dengan adanya SGE

  1. Memahami siapa target users
  2. Focus membuat konten untuk users
  3. Menjadikan halaman website maupun artikel konten yang user friendly
  4. Optimasi SEO lainnya (Onpage, Technical include Structured Data Markup, Offpage) 
  5. Mengikuti informasi update terbaru seputar Google & berkomunitas
  6. Berdoa dan berikhtiar, serta perbanyak trial and error

Begitulah penjelasan dari SGE yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pengalaman dari user dalam menggunakan mesin pencarian seperti Google.

Sharing this article :
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Articles: 113