Optimasi Bulking Test Core Web Vitals Google

Pada Jumat , 08 Desember 2023 pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB , WP Club Indonesia mengadakan webinar yang membahas tentang Bulking Test Core Web Vitals. Hal ini tentunya berhubungan dengan dengan kegelisahan pada optimasi loading speed pada website dan optimasi SEO pada website.

Mengenal Core Web Vitals

Banyak sekali yang belum memahami mengenai Core Web Vitals dalam sebuah website. Secara garis besar yang dimaksud dengan Core Web Vitals adalah sekumpulan ukuran / metrik dimana mengukur pengalaman dari user / organik traffik yang meliputi loading website, interaksi , tampilan website sesuai dengan tampilan device yang dipergunakan .

image , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Jika merujuk pada Dokumentasi Google mengenai Core Web Vitals, Aspek tersebut diatas disarankan untuk berhasil dieksekusi dengan baik agar penelusuran dan memastikan pengalaman pengguna yang optimal secara umum.

Metrik Core Web Vitals

Sebenarnya banyak istilah yang mengukur tentang core web vitals, namun Google memiliki metrik core web vitals yang menjadi patokannya. Berikut adalah penjelasannya :

Largest Contentful Paint (LCP)

LCP merupakan metrik yang dipergunakan untuk mengukur performa loading website. Seperti yang disampaikan oleh Google bahwasanya LCP yang muncul sebaiknya dibawah 2,5 detik pertama.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi besar / kecilnya LCP pada sebuah website

  • Ukuran CSS dan JS
  • Java Script dan CSS yang dipergunakan
  • Kompresi Teks
  • Respond Awal Server
  • Lazy Load Image / Video
  • Format Gambar / Video
  • Tampilan Teks dan Gambar
  • Google Analytics, Search Console atau Tag Manager Code

dari 7 poin diatas saja sudah banyak mempengaruhi LCP dari sebuah website. setidaknya dari peluang dan diagnostik yang dihasilkan page web dev akan membantu Anda dalam mengoptimalkan.

First Input Delay (FID)

FID merupakan tolak ukuran yang mengukur interaksi. Dalam hal ini berhubungan dengan technical dan server. Secara umum, hal ini digambarkan mengenai butuh berapa lama user mengakses dan mendapatkan kembali tampilan website yang dibuka

Berbeda dengan LCP, FID sering kali dihubungkan dengan TBT (Total Blocking Time) yaitu berapa lama durasi tampilan pertama kali website dibuka.

Artikel Terkait  SEO Content Writer: Definisi & Tips Bangun Portofolionya!

Berikut adalah beberapa faktor yang berpengaruh pada FID dari situs Anda :

  • Jumlah dan Ukuran DOM
  • Header Tag pada Halaman
  • Waktu eksekusi pada JavaScript
  • Jumlah plugin apabila menggunakan CMS WordPress
  • Akses link dari pihak ketiga

Sehingga semakin banyak yang dibawa dan spesifikasi server akan sangat mempengaruhi dari FID yang ada di situs Anda.

Cumulative Layout Shift (CLS)

CLS merupakan ukutan yang berhubungan dengan User Interface atau tampilan website. Dalam hal ini minimal untuk hasil yang optimal penilaian skor CLS adalah kurang dari 0,1.

Secara kasat mata, CLS ini berhubungan dengan tampilan website yang responsive. Bagaimana Anda memperbaiki tampilan website yang sesuai dengan resolusi layar dari pengunjung Anda.

Berikut adalah faktor yang mempengaruhi CLS dari sebuah website.

  • Resolusi Gambar / Video
  • Ukuran dari Gambar / Video
  • Jenis Ekstensi Gambar
  • Lazy Load
  • Animasi pada website
  • Resolusi layar responsive

Jadi, Pastikan Anda sudah melakukan optimasi tampilan dengan tim UI/UX situs website Anda.

Test Core Web Vitals

Secara umum kami menggunakan 2 url website untuk melakukan pengetestan Core Web Vitals, dimana keduanya memiliki fungsi yang berbeda namun satu tujuan untuk optimasi situs website

Page Web Dev

Url pertama yang menjadi standart utama dalam melakukan cek core web vitals adalah https://pagespeed.web.dev/ bawaan dari Google sendiri

image 1 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Pada situs web ini, Anda tinggal memasukkan url dari website yang Anda ingin ketahui hasilnya. Nantinya Anda dapat melihat berapa skor dari seluruh metrik core web vitals yang telah dijelaskan sebelumnya.

GTMetrix

Tools website selanjutnya adah GTMetrix.com dimana Anda bisa melihat hasil dari masing masing dan diberikan informasi lebih detail mengenai apa penyebab dan bagaimana solusinya.

image 3 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Saat ini, GTMetrix hanya bisa diakses bagi Anda yang sudah melakukan login , sehingga pastikan Anda untuk melakukan registrasi dan login pada website tersebut.

Terdapat paket mulai dari Gratis hingga berbayar disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk mengakses situs tersebut.

Mengenal Bulking Test Core Web Vitals

Di Dapanel Media Indonesia, kami memiliki jasa optimasi website dan layanan lainnya yang terkait dengan kecepatan website. Salah satu yang menjadi standar kami adalah test core web vitals secara menyeluruh.

Artikel Terkait  9 Fitur Wajib dalam Membuat Website: Panduan Untuk Pemula dan Web Developer

Tools website yang kami gunakan adalah Experte.com dimana Anda bisa melakukan test page web seluruh halaman di website Anda secara bulking dan bersamaan.

image 2 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Hal ini tentunya memudahkan Anda yang ingin mengetahui sebenarnya apa yang membuat Core Web Vitals situs Anda lamban.

Anda bisa melakukan cek baik untuk versi mobile atau dekstop. Bahkan Anda bisa komparasikan dengan hasil di page web dev.

Semoga dengan artikel diatas, Anda bisa mempelajari dan mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai Core Web Vitals.

Sharing this article :
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Articles: 117