Langkah-langkah Mengubah Pengaturan DNS pada cPanel

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Alamat IP adalah alamat unik yang digunakan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain di internet.

Pengaturan DNS sangat penting untuk website WordPress. Pengaturan DNS yang benar akan memastikan bahwa website Anda dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia. Berikut ini langkah-langkah penting dalam mengubah pengaturan DNS pada cPanel

Login ke cPanel

Langkah awal yang krusial dalam mengelola pengaturan DNS pada cPanel untuk website WordPress adalah dengan melakukan login ke cPanel. Gunakan informasi login yang telah diberikan oleh penyedia hosting Anda, seperti nama pengguna dan kata sandi. 

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke dashboard cPanel, pusat kendali yang memungkinkan Anda mengelola berbagai aspek teknis dari situs web Anda. Proses login ini membuka pintu menuju langkah-langkah berikutnya dalam mengatur DNS sesuai kebutuhan Anda.

Akses Zone Editor

Di dalam dashboard cPanel, langkah selanjutnya adalah menemukan dan membuka menu “Zone Editor”. Anda dapat mencari opsi ini di bagian terkait dengan nama domain Anda atau mungkin berada di bawah kategori “Domains”. Setelah menemukannya, klik pada opsi “Zone Editor” untuk masuk ke dalamnya. 

Zone Editor adalah alat yang memungkinkan Anda mengelola dan mengatur catatan DNS untuk domain Anda. Dengan membuka Zone Editor, Anda akan dapat melakukan langkah-langkah selanjutnya dalam proses mengubah pengaturan DNS sesuai kebutuhan situs web WordPress Anda.

Pilih Domain yang Akan Diubah

Dalam Zone Editor cPanel, Anda akan disajikan dengan daftar domain yang terhubung dengan akun hosting Anda. Di sini, langkah selanjutnya adalah memilih domain yang ingin Anda ubah pengaturan DNS-nya. Penting untuk memilih domain dengan hati-hati agar Anda dapat melakukan perubahan yang tepat sesuai kebutuhan situs web WordPress Anda. 

Pastikan untuk fokus pada domain yang ingin Anda optimalkan, dan kemudian kita dapat melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya untuk menyesuaikan pengaturan DNS secara spesifik.

Navigasi dan Edit Pengaturan DNS

Dalam Zone Editor cPanel, setelah Anda memilih domain yang akan diubah pengaturan DNS-nya, Anda akan masuk ke antarmuka yang memungkinkan Anda navigasi dan mengedit berbagai pengaturan DNS. 

Artikel Terkait  5 Tips Membuat Landing Page yang Menarik

Di sini, Anda memiliki kemampuan untuk melihat dan mengelola catatan DNS yang mencakup jenis-jenis seperti A, CNAME, atau MX. Prosesnya mencakup kemampuan untuk menambahkan catatan baru, melakukan pengeditan pada yang sudah ada, atau bahkan menghapus catatan tertentu. 

Penting untuk memahami fungsi masing-masing catatan sebelum membuat perubahan untuk memastikan bahwa pengaturan DNS sesuai dengan kebutuhan spesifik situs web WordPress Anda.

Simpan Perubahan

Setelah melakukan perubahan yang diinginkan pada pengaturan DNS, tahap selanjutnya adalah menyimpan perubahan tersebut. Pada antarmuka cPanel, Anda akan menemukan opsi “Save” atau “Apply Changes”. 

Penting untuk memverifikasi setiap perubahan yang telah Anda buat sebelum menyimpannya, guna memastikan konsistensi dan kelancaran implementasi. Melalui langkah ini, Anda memastikan bahwa semua konfigurasi DNS yang Anda ubah telah diterapkan dengan benar, sehingga website WordPress dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Tambahan: Memastikan Keamanan dan Konsistensi

Dalam langkah-langkah mengubah pengaturan DNS pada cPanel untuk website WordPress, langkah pertama adalah login ke cPanel menggunakan informasi yang diberikan oleh penyedia hosting. Setelah login, temukan dan buka menu “Zone Editor” di dashboard cPanel, lalu pilih domain yang ingin diubah pengaturan DNS-nya. 

Di dalam Zone Editor, navigasi dan edit pengaturan DNS, termasuk menambah, mengedit, atau menghapus catatan DNS seperti A, CNAME, atau MX. Pastikan untuk memahami fungsi setiap catatan sebelum membuat perubahan. Terakhir, setelah melakukan perubahan yang diinginkan, jangan lupa untuk menyimpannya dan lakukan backup sebagai langkah keamanan. 

Periksa kembali setiap perubahan sebelum menyimpan untuk menghindari kesalahan, dan pastikan pengaturan DNS konsisten dengan panduan penyedia hosting untuk memastikan kinerja optimal.

Mengubah pengaturan DNS pada cPanel adalah langkah penting untuk memastikan situs WordPress Anda berjalan dengan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan kinerja situs dan memastikan bahwa pengunjung dapat mengaksesnya tanpa masalah. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen, namun selalu pertimbangkan keamanan dan konsistensi dalam setiap perubahan yang Anda buat.

Sharing this article :
Hibat Darmawan

Hibat Darmawan

Articles: 15