15+ Optimasi SEO WordPress

Kebanyakan pemilik website memilih WordPress sebagai CMS situs web mereka karena mudah digunakan dan ramah SEO. Hal ini yang membuat banyak sekali yang mencari cara optimasi SEO WordPress.

Dikarenakan mudah dipergunakan dan ramah SEO namun penting untuk diingat bahwa WordPress hanyalah sebuah sistem manajemen konten (CMS). Jadi fakta bahwa Anda menggunakan WordPress saja tidak cukup untuk menentukan peringkat di mesin pencari.

Untungnya, WordPress membuatnya sangat mudah untuk menerapkan banyak praktik terbaik SEO .

Dalam panduan ini, kami akan membahas 15 lebih praktik terbaik SEO, berbagi tips untuk membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi, dan menjelaskan cara menerapkannya di situs WordPress Anda.

Periksa Pengaturan Visibilitas Mesin Pencari

Ada kotak centang di WordPress yang, jika dicentang, secara efektif merupakan hukuman mati SEO untuk situs web Anda karena mencegah Google mengindeks halaman Anda. 

Dan jika Google tidak dapat mengindeks halaman Anda, mereka tidak dapat memberi peringkat.

Anda akan menemukannya di menu Pengaturan > Membaca > Visibilitas mesin pencari :

Optimasi SEO

Pastikan ini tidak dicentang jika Anda ingin mendapat peluang mendapatkan peringkat apa pun. Namun apabila Anda melakukan stagging disarankan untuk dicentang.

Catatan : Pada intinya, apabila “Search Engine Visibility” dicentang maka situs web Anda tidak akan pernah dapat diindex oleh mesin pencarian.

Tetapkan Domain Utama

Google melihat wpclub.id dan www.wpclub.id secara terpisah, jadi penting untuk memilih versi yang diinginkan untuk situs Anda. 

Anda dapat melakukan ini di Pengaturan > Umum . Cukup atur Alamat WordPress (URL) dan Alamat Situs (URL) ke versi pilihan Anda.

image 1 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Untuk situs web baru, tidak masalah versi mana yang Anda pilih. Namun jika halaman Anda dapat diakses di kedua versi URL, pilihan terbaik Anda adalah menggunakan versi dengan backlink terbanyak.

Keunggulan WordPress adalah secara otomatis mengalihkan versi lain ke versi pilihan sehingga mesin pencari dan pengunjung hanya dapat mengakses situs Anda di domain pilihan.

PERINGATAN : Mengubah versi pilihan dapat menyebabkan masalah teknis jika situs Anda sudah aktif dan berjalan selama beberapa waktu. Jika Anda memiliki kekhawatiran, ada baiknya meminta bantuan pengembang untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Tautan permalink pada dasarnya adalah format URL untuk postingan dan halaman Anda, dan opsi “nama postingan” / “post name” cenderung paling ramah SEO karena membantu:

  1. Perjelas dengan jelas isi halaman tersebut.
  2. Jaga agar URL tetap pendek, sehingga dapat mencegahnya terpotong dalam hasil pencarian.
image 5 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Namun, jika Anda sudah menggunakan struktur tautan permalink yang berbeda, mengubahnya dapat menyebabkan halaman rusak. 

Jadi, jika Anda membuat perubahan, sebaiknya jelajahi situs web Anda untuk memeriksa kesalahan 4XX

Persetujuan Manual Komentar

Komentar blog yang berisi spam kemungkinan besar tidak akan menimbulkan penalti atau masalah SEO drastis apa pun karena komentar tersebut selalu nofollow. 

Namun menurut Google, hal tersebut masih dapat menyebabkan beberapa masalah SEO karena beberapa alasan .

Untungnya, WordPress mempermudah penyelesaian masalah ini untuk selamanya dengan menawarkan kepada pengguna opsi untuk mengatur semua komentar blog agar memerlukan persetujuan manual.

Anda dapat melakukannya di Pengaturan > Diskusi > Komentar harus disetujui secara manual :

image 2 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Pasang Tema yang Ramah SEO

Hampir semua tema WordPress responsif dan ramah seluler saat ini, jadi tidak banyak yang perlu dikhawatirkan. Yang benar-benar perlu Anda periksa saat memilih tema adalah kinerjanya.

Jika tema dipenuhi dengan kode dan fitur yang tidak perlu, itu akan memperlambat situs web Anda. Dan itu tidak bagus, mengingat kecepatan halaman telah menjadi faktor peringkat Google selama lebih dari satu dekade .

Jadi saat memilih tema, ada baiknya membaca deskripsinya untuk melihat apa saja yang disertakan. Jika ada banyak fitur yang tidak Anda gunakan, itu mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda.

Anda juga dapat menjalankan demo tema melalui PageSpeed ​​Insights untuk mengetahui performanya dengan lebih baik.

Instal Plugin SEO

Perluas fungsionalitas SEO WordPress dan permudah pengoptimalan aspek situs Anda dengan plugin SEO lengkap. Kami menggunakan Rank Math SEO, tetapi masih banyak alternatif lain .

Untuk menginstalnya, buka Plugins > Add New > Cari “Rank Math SEO” > Klik Activate > Klik Install :

image 3 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Sebagian besar pengaturan sudah bagus, tetapi kami akan menyesuaikan beberapa di antaranya seiring berjalannya waktu.

Pastikan Membuat Sitemap

Sitemap / Peta Situs mencantumkan postingan dan halaman penting di situs Anda untuk membantu mesin pencari menemukannya. Rank Math membuat peta situs untuk Anda, tetapi Anda perlu memastikan opsi tersebut diaktifkan.

Untuk melakukannya silahkan kunjungi :

image 4 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Tulis Judul yang Menarik.

Setiap halaman dan postingan di WordPress memerlukan judul, yang Anda tetapkan di sini:

Judul ini biasanya ditampilkan di tempat lain di situs WordPress Anda. Misalnya judul postingan ini muncul di halaman arsip blog kita:

Oleh karena itu, penting agar judul Anda menarik pengunjung untuk mengklik ke halaman Anda sekaligus menjelaskan isi halaman tersebut secara akurat. Dengan kata lain, judul harus layak diklik, bukan clickbait.

Jika Anda kesulitan menulis sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan, ambillah inspirasi dari judul SERP halaman peringkat teratas untuk kata kunci target Anda, karena sering kali sama atau mirip dengan judul halaman. 

Anda dapat melakukannya di Google, namun lebih baik menggunakan pemeriksa SERP untuk hasil yang lebih akurat dan tidak dipersonalisasi:

Tetapkan URL yang ramah SEO

Secara default, WordPress menyetel URL ke judul lengkap postingan atau halaman. Ini jarang ideal karena biasanya panjang, dan URL yang panjang cenderung terpotong dalam hasil pencarian.

Untuk URL yang lebih ramah SEO, klik “Edit”, masukkan kata kunci utama Anda (atau variasi yang mirip), dan ganti spasi dengan tanda hubung.

Pastikan panjang url tidak melebihi dari 160 karakter.

Gunakan Heading yang Terstruktur

Header menciptakan struktur dan membantu pengunjung dan mesin pencari untuk lebih memahami hierarki konten Anda.

Di WordPress, Anda dapat menggunakan editor WYSIWYG untuk menambahkan header yang relevan dengan cepat dan mudah. Tekan saja dropdown “Paragraph”, dan Anda akan melihat enam opsi header:

CATATAN : Jika Anda menggunakan editor blok WordPress, segalanya akan terlihat sedikit berbeda. Anda harus mengklik untuk menambahkan blok “Heading”. Karena sebagian besar tema WordPress menggunakan judul postingan sebagai header pertama ( H1 ), praktik terbaiknya adalah menggunakan H2-H6 di konten itu sendiri.

Tautan Internal ke Konten yang Relevan

Tautan internal mengarah ke halaman dan postingan lain di situs web Anda. Mereka penting untuk SEO karena membantu:

  1. Pertahankan pengunjung di situs Anda.
  2. Tingkatkan “otoritas” konten Anda yang lain dan beri peringkat konten lebih tinggi.

Anda dapat menambahkan tautan internal ke postingan dan halaman di WordPress menggunakan editor WYSIWYG. Cukup sorot teks yang ingin Anda gunakan sebagai jangkar , tekan tombol “Sisipkan/edit tautan”, dan tempelkan URL halaman atau postingan lain di situs web Anda.

Tambahkan Alt Teks Image

Teks alternatif / Alt teks penting karena:

  1. Memberi tahu Google tentang gambar, yang dapat membantu gambar mendapat peringkat lebih tinggi di Gambar Google.
  2. Meningkatkan aksesibilitas bagi pengunjung tunanetra menggunakan pembaca layar.
  3. Menggantikan gambar rusak pada halaman jika gambar rusak.

Untuk menambahkan teks alt di WordPress, isi kolom “teks alternatif” saat mengunggah gambar:

Cobalah untuk tetap singkat dan manis sambil bersifat deskriptif.

Tulis Tag Judul Menarik

Google biasanya menggunakan tag judul Anda untuk cuplikan di hasil pencarian.

Rank Math SEO menyetel tag judul Anda ke judul postingan atau halaman Anda secara default. Ini sering kali baik-baik saja, karena Anda seharusnya sudah membuat judul postingan yang menarik. Namun terkadang judulnya terlalu panjang, jadi sebaiknya tempelkan judul lengkap secara manual untuk memastikan judul tersebut tidak terpotong.

Anda biasanya dapat mengatasi masalah tag judul yang panjang dengan menghapus informasi yang tidak berguna. Cara mudah untuk melakukannya antara lain:

  • Menghapus informasi dalam tanda kurung.
  • Menghapus kata-kata yang tidak diperlukan.

Tulis Meta Deskripsi yang Lengkap

Deskripsi meta bukan merupakan faktor langsung peringkat Google, namun Google sering menggunakannya untuk cuplikan hasil pencarian.

Oleh karena itu, penting untuk menulis deskripsi meta yang menarik yang mendukung judul Anda dan selanjutnya menarik orang untuk mengklik.

Berikut beberapa tip untuk melakukan itu:

  • Gandakan maksud pencarian
  • Jaga agar di bawah 120 karakter

Instal Plugin Cache

WP Rocket merupakan salah satu plugin cache yang menggambarkan dirinya sebagai plugin kinerja web yang meningkatkan kecepatan halaman Anda. Keunggulan plugin ini adalah mampu melakukan banyak optimasi yang berguna, termasuk cache browser dan server.

Inilah yang dilakukan caching secara singkat:

  • Caching browser – Menyimpan file-file umum pada hard drive pengunjung sehingga mereka tidak perlu terus-menerus mengunduhnya kembali pada kunjungan berulang.
  • Caching server – Menyimpan versi statis halaman web Anda di server sehingga siap dan menunggu kapan pun pengunjung memintanya.

Namun, jika Anda ingin menggunakan versi gratis maka sesuaikan dengan jenis server Anda. Dan di Repository WordPress juga menyediakan banyak plugin cache yang gratis.

Perkecil Kode

Minifikasi menghilangkan spasi yang tidak perlu dari kode Anda untuk mengurangi ukuran file.

Cukup sederhana untuk mengaktifkan minifikasi jika Anda menggunakan WP Rocket. Cukup buka pengaturan Pengoptimalan File dan centang opsi “Minify CSS files” dan “Minify JavaScript files.”

Jika Anda tidak menggunakan WP Rocket, cobalah Autoptimize (gratis).

PERINGATAN : Mengaktifkan minifikasi dapat menyebabkan kerusakan fitur dalam beberapa kasus. Jadi, yang terbaik adalah selalu menguji bagaimana hal ini memengaruhi situs web Anda dalam lingkungan pementasan sebelum menerapkannya secara langsung.

Pengetahuan Dasar

  • Apakah Knowledge Base / Pengetahuan Dasar ini cocok untuk Pemula ?

    Kami berusaha untuk menggunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami oleh semua pihak terutama bagi pemula yang baru belajar mengenai kategori kategori di Knowledge Base kami. Apabila ada bahasa atau pengertian yang belum / tidak Anda ketahui maka silahkan menghubungi kami. 

  • Dapatkah link dari Knowledge base ini dibagikan kepada umum ?

    Anda dapat melakukan sharing / membagikan konten di Knowledge Base kami melalui link sosial media, whatsapp atau telegram kepada komunitas lain.

  • Apa yang dimaksud Knowledge Base ?

    Knowledge Base adalah database / pustaka dasar pengetahuan mengenai topik atau kategori tertentu yang berhubungan dengan penggunaan, permasalahan dan solusi atas topik / kategori tertentu. Di dalam knowledge base ini Anda akan diberikan informasi dasar mulai dari pengertian sampai dengan trouble solving. 

  • Database / Pengetahuan dasar berdasarkan apa ?

    Tim WP Club Indonesia mengambil database / Pengetahun Dasar berdasarkan situs website kategori / topik tersebut ditambahkan dengan pengalaman dan user experience yang dialami oleh member WP Club Indonesia. Adapun beberapa knowledge base yang ada di WP Club Indonesia berdasarkan pengalaman dari tenaga ahli / praktisi di komunitas. 

  • Bagaimana jika tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari ?

    Apabila Anda tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari maka silahkan hubungi kami . Dengan senang hati kami akan membantu Anda mendapatkan / membuat pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. 

  • Dapatkah pengunjung menambahkan / melakukan editing Knowledge Base ?

    Anda dapat melakukan penambahan / editing knowledge base di WP Club Indonesia dengan cara melakukan email ke [email protected] dengan subject : [Knowledge Base]