Responsive Design

Apa itu Responsive Design ?

Responsive Design adalah teknik cara mengoptimalkan tampilan website kita agar sesuai dengan perangkat / device dari pengunjung. Sehingga tampilan, bentuk dan strukturnya disesuaikan dengan ukuran layar pengunjung.

Tentunya ini tidak sekedar mengubah resolusi layar saja, namun juga sampai dengan optimalisasi font dan juga kecepatan loadingnya.

Bagaimana Pengaturan untuk Mobile, Tablet dan Desktop ?

Pada widget information maka tidak semua fitur dapat dilakukan optimasi dalam bentuk responsive. Dimana penggunaan paling sering dipergunakan meliputi

  • Ukuran Teks
  • Margin
  • Padding
  • Visibility , dll

Dimana pembedanya dapat Anda cek pada ikon area di elemen tertentu yang ingin Anda kontrol

Pengaturan Gambar Latar Belakang

Background Image atau Gambar Latar Belakang secara otomatis akan menyesuaikan dengan jenis perangkat pengunjung, namun Anda dapat melakukan perubahan sesuai dengan opsi di masing masing responsive design.

Pengaturan Visibility

Anda dapat memilih untuk Menampilkan  Menyembunyikan  Bagian sesuai dengan perangkat.

  1. Buka Pengaturan Bagian > Lanjutan > Responsif
  2. Tetapkan preferensi visibilitas Anda, pilih dari Sembunyikan di Desktop , Sembunyikan di Tablet , atau Sembunyikan di Seluler .
Visibility , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Saat menyembunyikan sebuah elemen, dan beralih ke tampilan tersembunyinya, Anda akan melihat bahwa elemen ini “dibisukan”. Ini memberi Anda indikasi jelas bahwa elemen ini akan disembunyikan di situs aktif, namun tetap memungkinkan Anda mengeditnya sesuai kebutuhan. 

Anda dapat mengedit area tertentu dalam mode responsif yang tidak menyembunyikannya. Misalnya, jika elemen terlihat di perangkat seluler namun tersembunyi di desktop dan tablet, Anda akan dapat mengedit elemen tersebut di tampilan seluler.

Pengaturan Breakpoint

Anda dapat mengatur nilai breakpoint seluler dan tablet.

  1. Dari halaman Elementor atau editor postingan mana pun, klik  menu hamburger  di sudut kiri atas Panel  Widget l, lalu navigasikan ke  Pengaturan Situs > Tata Letak > Breakpoints , dan tetapkan nilai breakpoint untuk seluler dan tablet
  2. Simpan perubahan Anda
  3. Buka Elementor > Alat >  Tab Umum >  Regenerasi CSS,  klik  Regenerasi File

Pengetahuan Dasar

  • Apakah Knowledge Base / Pengetahuan Dasar ini cocok untuk Pemula ?

    Kami berusaha untuk menggunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami oleh semua pihak terutama bagi pemula yang baru belajar mengenai kategori kategori di Knowledge Base kami. Apabila ada bahasa atau pengertian yang belum / tidak Anda ketahui maka silahkan menghubungi kami. 

  • Dapatkah link dari Knowledge base ini dibagikan kepada umum ?

    Anda dapat melakukan sharing / membagikan konten di Knowledge Base kami melalui link sosial media, whatsapp atau telegram kepada komunitas lain.

  • Apa yang dimaksud Knowledge Base ?

    Knowledge Base adalah database / pustaka dasar pengetahuan mengenai topik atau kategori tertentu yang berhubungan dengan penggunaan, permasalahan dan solusi atas topik / kategori tertentu. Di dalam knowledge base ini Anda akan diberikan informasi dasar mulai dari pengertian sampai dengan trouble solving. 

  • Database / Pengetahuan dasar berdasarkan apa ?

    Tim WP Club Indonesia mengambil database / Pengetahun Dasar berdasarkan situs website kategori / topik tersebut ditambahkan dengan pengalaman dan user experience yang dialami oleh member WP Club Indonesia. Adapun beberapa knowledge base yang ada di WP Club Indonesia berdasarkan pengalaman dari tenaga ahli / praktisi di komunitas. 

  • Bagaimana jika tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari ?

    Apabila Anda tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari maka silahkan hubungi kami . Dengan senang hati kami akan membantu Anda mendapatkan / membuat pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. 

  • Dapatkah pengunjung menambahkan / melakukan editing Knowledge Base ?

    Anda dapat melakukan penambahan / editing knowledge base di WP Club Indonesia dengan cara melakukan email ke [email protected] dengan subject : [Knowledge Base]