Menu Anchor

Menu Anchor adalah widget yang menyederhanakan navigasi pada website dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Menu anchor melakukannya dengan tautan yang langsung mengarahkan pengunjung ke bagian tertentu dalam website. Mari kita bahas bagaimana cara kerjanya.

Bagaimana pengaturan Menu Anchor?

image 110 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Tampilan block abu-abu menu anchor hanya tampil pada tampilan editor, block ini tidak akan ditampilkan pada tampilan pengunjung, jadi tidak perlu khawatir menu anchor akan merusak tampilan website.

image 111 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Ketika memilih widget menu anchor hanya terdapat satu pengaturan, yaitu ID Menu Anchor. ID unik inilah yang digunakan sebagai tujuan link untuk suatu section tertentu, sebaiknya ID diisi sesuai dengan isi section untuk memudahkan ketika menghubungkan link. Misalnya ID menu anchor pada section ini akan diisi dengan “donate”.

Bagaimana cara penggunaan Anchor?

Menghubungkan anchor dan button

Gambar dibawah merupakan pengaturan button untuk menghubungkan dengan anchor.

image 113 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community
image 112 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Pada bagian Link, isi dengan simbol hashtag “#” dan tambahkan ID anchor setelahnya. Simpan perubahan dan button akan otomatis mengarah ke anchor ketika di klik.

Menghubungkan anchor dan menu

Selanjutnya kita bahas bagaimana menghubungkan anchor dan menu

image 114 , WPCLUB Indonesia, WordPress Community, WP Club, WP Community

Pada pengaturan URL menu tambahkan ID anchor, pada pembahasan ini masukkan “#donate” karena kita akan mengarahkan menu pada anchor dalam section donate sama seperti pada button.

Setelah URL menu diisi maka ketika menu di klik akan langsung mengarah ke section donate.

Pengetahuan Dasar

  • Apakah Knowledge Base / Pengetahuan Dasar ini cocok untuk Pemula ?

    Kami berusaha untuk menggunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami oleh semua pihak terutama bagi pemula yang baru belajar mengenai kategori kategori di Knowledge Base kami. Apabila ada bahasa atau pengertian yang belum / tidak Anda ketahui maka silahkan menghubungi kami. 

  • Dapatkah link dari Knowledge base ini dibagikan kepada umum ?

    Anda dapat melakukan sharing / membagikan konten di Knowledge Base kami melalui link sosial media, whatsapp atau telegram kepada komunitas lain.

  • Apa yang dimaksud Knowledge Base ?

    Knowledge Base adalah database / pustaka dasar pengetahuan mengenai topik atau kategori tertentu yang berhubungan dengan penggunaan, permasalahan dan solusi atas topik / kategori tertentu. Di dalam knowledge base ini Anda akan diberikan informasi dasar mulai dari pengertian sampai dengan trouble solving. 

  • Database / Pengetahuan dasar berdasarkan apa ?

    Tim WP Club Indonesia mengambil database / Pengetahun Dasar berdasarkan situs website kategori / topik tersebut ditambahkan dengan pengalaman dan user experience yang dialami oleh member WP Club Indonesia. Adapun beberapa knowledge base yang ada di WP Club Indonesia berdasarkan pengalaman dari tenaga ahli / praktisi di komunitas. 

  • Bagaimana jika tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari ?

    Apabila Anda tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari maka silahkan hubungi kami . Dengan senang hati kami akan membantu Anda mendapatkan / membuat pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. 

  • Dapatkah pengunjung menambahkan / melakukan editing Knowledge Base ?

    Anda dapat melakukan penambahan / editing knowledge base di WP Club Indonesia dengan cara melakukan email ke [email protected] dengan subject : [Knowledge Base]