WP Club Indonesia, WP Indonesia, Kelas WordPress

Maintenance Mode

Terkadang website perlu pembaruan (update) dan perawatan (maintenance). Masalahnya ketika website sedang dalam perbaikan, bisa jadi website terlihat berantakan dan tentu saja anda tidak ingin pengunjung melihat website anda menjadi berantakan. Oleh karena itu ketika website sedang dalam perbaikan, disarankan untuk mengaktifkan mode maintenance atau perawatan. Anda bisa membuat website anda menjadi mode maintenance menggunakan code, plugin, dan Elementor.

Maintenance Mode menggunakan Code

Apabila anda tidak mempermasalahkan tampilan maintenance anda. Anda bisa membuat tampilan maintenance yang simpel dengan menggunakan code. Dibawah ini kami berikan contoh code untuk mode maintenance dalam WordPress.

// Activate WordPress Maintenance Mode
function wp_maintenance_mode() {
if (!current_user_can('edit_themes') || !is_user_logged_in()) {
    wp_die('**here you can add your maintenance mode message, for example:
    <h1>Under Maintenance</h1>
    Website is under maintenance, please check back later.');
    }
}
add_action('get_header', 'wp_maintenance_mode');

Anda bisa memasukkan code tersebut kedalam file functions.php child theme anda atau dengan plugin Code Snippets.

Maintenance ini berlaku untuk seluruh pengunjung website kecuali pengguna yang sudah login dalam website anda dan memiliki akses untuk mengedit tema (biasanya ini hanya dimiliki oleh Administrators). Apabila anda ingin mengakhiri mode maintenance, anda hanya perlu menghapus code ini.

Maintenance website menggunakan plugin

Jika anda tidak masalah untuk menambah plugin hanya untuk maintenance mode, anda bisa menemukan banyak plugin gratis dan berbayar untuk mengaktifkan maintenance mode. Berikut kami berikan beberapa contoh plugin maintenance populer untuk anda:

Bagaimana Membuat Maintenance Mode dengan Elementor?

Dengan menggunakan Elementor, anda bisa membuat halaman maintenance dengan mudah dan cepat. Anda bisa mengikuti video dibawah untuk membuat halaman maintenance menggunakan Elementor.

Pengetahuan Dasar

  • Apakah Knowledge Base / Pengetahuan Dasar ini cocok untuk Pemula ?

    Kami berusaha untuk menggunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami oleh semua pihak terutama bagi pemula yang baru belajar mengenai kategori kategori di Knowledge Base kami. Apabila ada bahasa atau pengertian yang belum / tidak Anda ketahui maka silahkan menghubungi kami. 

  • Dapatkah link dari Knowledge base ini dibagikan kepada umum ?

    Anda dapat melakukan sharing / membagikan konten di Knowledge Base kami melalui link sosial media, whatsapp atau telegram kepada komunitas lain.

  • Apa yang dimaksud Knowledge Base ?

    Knowledge Base adalah database / pustaka dasar pengetahuan mengenai topik atau kategori tertentu yang berhubungan dengan penggunaan, permasalahan dan solusi atas topik / kategori tertentu. Di dalam knowledge base ini Anda akan diberikan informasi dasar mulai dari pengertian sampai dengan trouble solving. 

  • Database / Pengetahuan dasar berdasarkan apa ?

    Tim WP Club Indonesia mengambil database / Pengetahun Dasar berdasarkan situs website kategori / topik tersebut ditambahkan dengan pengalaman dan user experience yang dialami oleh member WP Club Indonesia. Adapun beberapa knowledge base yang ada di WP Club Indonesia berdasarkan pengalaman dari tenaga ahli / praktisi di komunitas. 

  • Bagaimana jika tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari ?

    Apabila Anda tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari maka silahkan hubungi kami . Dengan senang hati kami akan membantu Anda mendapatkan / membuat pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. 

  • Dapatkah pengunjung menambahkan / melakukan editing Knowledge Base ?

    Anda dapat melakukan penambahan / editing knowledge base di WP Club Indonesia dengan cara melakukan email ke [email protected] dengan subject : [Knowledge Base]