Global Widget

Selain bisa membuat template yang dapat digunakan kembali. Anda juga bisa membuat global widget untuk digunakan kembali pada halaman yang sama bahkan halaman lain. Dengan menggunakan fitur ini anda bisa menghemat waktu ketika membuat halaman baru atau suatu website. Karena dengan membuat global widget anda bisa menerapkan widget pada beberapa halaman. Ketika anda menggunakan global widget pada beberapa halaman, apabila merubah isi widget, perubahan akan terjadi di semua halaman yang menggunakan global widget tersebut.

Membuat Global Widget

Membuat global widget tidaklah sulit. Ikuti langkah- langkah berikut untuk membuat global widget.

  1. Hover widget yang akan dijadikan global, klik kanan pada icon pencil, WP Club Indonesia
  2. Pilih Save as Global, beri nama widget, dan simpan. Widget anda sudah tersimpan menjadi widget global.
Global Widget, WP Club Indonesia

Mengedit Global Widget

Setelah widget disimpan sebagai widget global, widget tersebut langsung dikelilingi oleh batas kuning, bukan batas biru standar. Selain itu, di panel, semua widget global yang disimpan ditampilkan sebagai daftar widget dua kolom.

Setelah berhasil menambahkan widget global, terkadang widget perlu di edit sesuai keperluan. Untuk mengedit widget global anda bisa klik kanan pada icon pencil, WP Club Indonesia. Setelah klik icon tersebut, akan tampil pesan “This is a global widget and is now locked”.

  1. Klik Edit Global Widget untuk mengedit widget. Perubahan akan diterapkan pada seluruh halaman yang menggunakan widget ini.
  2. Klik Unlink from global untuk menghapus widget dari global widget. Ketika widget tidak lagi widget global, perubahan yang dilakukan tidak akan berpengaruh pada widget lain.

Memasukkan Global Widget

Terdapat beberapa cara untuk menggunakan widget global. Berikut beberapa cara memasukkan widget global kedalam website anda.

Elementor Dashboard

  1. Pada editor halaman anda, klik Global, lalu seret widget global ke halaman Anda.

WordPress widgets area

  1. Pergi ke Appearance > Widgets
  2. Tambahkan Elementor Library Widget ke area yang ingin anda tambahkan widget global (misalnya: footer, sidebar, dll).
  3. Klik dropdown dan pilih template atau widget global yang ingin anda gunakan.

Shortcode

  1. Pergi ke Templates > Saved Templates > Global Widget.
  2. Salin Shortcode widget
  3. Tempelkan pada area yang mendukung Shortcode

Menghapus Global Widget

Selain membuat, mengedit, dan memasukkan widget global, anda bisa menghapus widget global apabila sudah tidak digunakan lagi. Bagaimana caranya?

Cara menghapus widget global adalah pada bagian dashboard website, pergi ke bagian Templates > Saved Templates kemudian delete widget.

PERINGATAN: Menghapus widget global berarti menghapus widget tersebut dari seluruh website

Pengetahuan Dasar

  • Apakah Knowledge Base / Pengetahuan Dasar ini cocok untuk Pemula ?

    Kami berusaha untuk menggunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami oleh semua pihak terutama bagi pemula yang baru belajar mengenai kategori kategori di Knowledge Base kami. Apabila ada bahasa atau pengertian yang belum / tidak Anda ketahui maka silahkan menghubungi kami. 

  • Dapatkah link dari Knowledge base ini dibagikan kepada umum ?

    Anda dapat melakukan sharing / membagikan konten di Knowledge Base kami melalui link sosial media, whatsapp atau telegram kepada komunitas lain.

  • Apa yang dimaksud Knowledge Base ?

    Knowledge Base adalah database / pustaka dasar pengetahuan mengenai topik atau kategori tertentu yang berhubungan dengan penggunaan, permasalahan dan solusi atas topik / kategori tertentu. Di dalam knowledge base ini Anda akan diberikan informasi dasar mulai dari pengertian sampai dengan trouble solving. 

  • Database / Pengetahuan dasar berdasarkan apa ?

    Tim WP Club Indonesia mengambil database / Pengetahun Dasar berdasarkan situs website kategori / topik tersebut ditambahkan dengan pengalaman dan user experience yang dialami oleh member WP Club Indonesia. Adapun beberapa knowledge base yang ada di WP Club Indonesia berdasarkan pengalaman dari tenaga ahli / praktisi di komunitas. 

  • Bagaimana jika tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari ?

    Apabila Anda tidak menemukan kata kunci / keyword yang dicari maka silahkan hubungi kami . Dengan senang hati kami akan membantu Anda mendapatkan / membuat pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. 

  • Dapatkah pengunjung menambahkan / melakukan editing Knowledge Base ?

    Anda dapat melakukan penambahan / editing knowledge base di WP Club Indonesia dengan cara melakukan email ke [email protected] dengan subject : [Knowledge Base]