Cara Membuat Premium Email Gratis dari cPanel

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Premium Email Service, kan? Nah, sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang cara membuat premium email ini.

Ketika kamu browsing beberapa website atau melihat teman-teman yang bekerja di perusahaan, seringkali pada keterangan kontaknya tercantum email dengan menggunakan domain perusahaan, inilah yang disebut dengan email premium.

Tapi, kenapa disebut premium email service? Nama itu diberikan karena ada beberapa tambahan, seperti keamanan, kapasitas, dan penyimpanan ekstra. Lalu, berikut ini adalah beberapa opsi lain untuk Premium Email Service yang bisa kalian coba gunakan sesuai dengan kebutuhan:

Google Workspace

Ada beberapa opsi lain, tapi mari kita bahas dulu yang versi berbayar, yaitu Google Workspace. Di sini, tidak hanya kamu memiliki email seperti Gmail, tapi kamu juga bisa mendapatkan layanan premium lainnya seperti kalender, Drive Google, Meet, Google video, dan berbagai layanan Google lainnya.

Layanan ini cukup lengkap, jadi jika kamu butuh lebih dari sekadar email, ini cocok buat kamu. Tapi ingat, layanan ini tidak gratis. Kamu harus membayar mulai dari 3,0 dollar per bulan per pengguna.

Apabila budget perusahaan atau pribadi tidak cukup maka bisa menggunakan opsi lain berikut ini yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu.

Zoho Mail

Ada solusi lain selain Google Workspace, yaitu Zoho Mail. Jika kamu hanya membutuhkan email saja untuk bisnis, Zoho Mail bisa jadi pilihan.

Kamu bisa mendapatkan email profesional dengan domain sendiri, penyimpanan internal tambahan, dan bahkan bisa diakses melalui aplikasi di handphone.

Namun, seperti Google Workspace, Zoho Mail juga berbayar, meskipun harganya lebih terjangkau, sekitar 14 dolar per pengguna per bulan.

Premium Email cPanel

Di dalam cPanel, tersedia fitur email yang memungkinkan teman-teman membuat nama domain dan email sendiri dari domain yang mereka miliki.

Fitur ini dapat disambungkan baik di panel maupun di hosting milik teman-teman. Fitur email di dalam cPanel sangat lengkap, mencakup pembuatan akun, penerusan akun, pembuatan respon otomatis, dan bahkan pembuatan daftar email (mailing list).

Artikel Terkait  7 Alasan Memilih Cloud Hosting Sebagai Web Hosting

Untuk membuat akun email baru, teman-teman tinggal klik bagian “email account”. Setelah itu, teman-teman dapat langsung menuju opsi “new email”.

Di sini, teman-teman akan diminta untuk memilih username, yang juga berfungsi sebagai nama email mereka.

Jadi, semakin banyak email yang dibuat, tidak masalah. Meskipun kapasitasnya diambil dari kapasitas hosting sendiri, pastikan untuk memeriksa layanan hosting apakah mendukung jumlah email yang dibutuhkan.

Selain itu, teman-teman juga dapat melakukan forwarding, meneruskan email yang telah dibuat. Jika teman-teman ingin meneruskan email dari email tertentu ke email Gmail, itu bisa dilakukan.

Fitur ketiga yang dapat dilakukan adalah autoresponder, sehingga setiap kali ada email masuk, sistem akan memberikan jawaban otomatis sesuai dengan yang diinginkan.

Fitur email di dalam panel ini sangat bergantung pada kapasitas hosting milik teman-teman. Selain itu, fitur email ini dapat terkoneksi dengan Google, memungkinkan teman-teman tetap menggunakan Gmail untuk mengirim email langsung dari panel mereka.

Jadi, dengan fitur-fitur yang lengkap dan kemungkinan koneksi ke Google, panel ini memberikan fleksibilitas yang besar untuk mengelola email dengan lebih mudah dan efisien.

Begitulah cara membuat premium email secara gratis melalui cPanel yang bisa diakses, apabila kamu masih belum mengerti bisa melihat konten video tutorial berikut ini:

Sharing this article :
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Articles: 117