Cara Membuat dan Menggunakan Heading pada WordPress

Memahami artikel di dalam sebuah website seringkali membuat membutuhkan waktu yang lama, terutama apabila di dalam website tersebut tidak disertakan heading atau subjudul yang jelas, oleh karena menggunakan heading di dalam sebuah artikel menjadi penting dalam mengelola konten yang baik dan benar

Tidak hanya itu saja, dengan adanya heading akan mengurangi bounce rate user saat mengunjungi website Anda, seperti yang dijelaskan di Search Egine Journal pada artikelnya yang mengatakan bahwa semakin jelas heading akan mengurangi tingkat bounce rate dari user.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat heading sekaligus menggunakan di dalam artikel agar artikel yang kamu buat bisa mudah dimengerti oleh user.

Login ke Dashboard WordPress

Langkah pertama yakni akses situs WordPress Anda dan login ke dashboard dengan menggunakan kredensial yang telah Anda tentukan. Dashboard merupakan pusat kendali di mana Anda dapat mengelola semua aspek situs web Anda.

Setelah masuk, navigasikan menu hingga menemukan opsi untuk membuat atau mengedit posting. Tip: Pastikan perangkat keamanan Anda terkunci dan aman untuk mencegah akses yang tidak sah ke situs WordPress Anda.

Pilih atau Buat Posting Baru

Setelah login, pilih opsi untuk membuat posting baru atau pilih posting yang sudah ada yang ingin Anda edit. Jika Anda membuat posting baru, berikan judul yang relevan dan menggambarkan isi konten secara singkat. Ini akan membantu pembaca dan mesin pencari memahami topik artikel.

Tip: Gunakan judul yang menarik dan mencerminkan esensi konten agar menarik perhatian pembaca.

Gunakan Editor Blok

Saat membuat atau mengedit posting, pastikan Anda menggunakan editor blok yang disediakan oleh WordPress. Editor blok memudahkan pengaturan dan penataan konten dengan cara yang lebih fleksibel dan intuitif.

Tip: Eksplorasi berbagai blok yang tersedia, seperti gambar, kutipan, atau list, untuk memperkaya tata letak artikel Anda.

Pilih Blok Teks atau Paragraf

Di dalam editor blok, pilih blok teks atau paragraf tempat Anda ingin menambahkan heading. Blok ini umumnya ditempatkan pada awal setiap bagian artikel atau setelah paragraf tertentu untuk memberikan struktur.

Artikel Terkait  Memahami Berbagai Fitur cPanel untuk Mengelola Hosting WordPress

Tip: Selalu pertimbangkan hierarki heading untuk mengorganisir informasi dengan jelas. Misalnya, gunakan H2 untuk subbagian dan H3 untuk sub-subbagian.

Pilih Level Heading yang Sesuai


Ketika Anda berada di dalam blok teks atau paragraf, pilih level heading yang sesuai dengan konten yang akan Anda tulis. Level heading menggambarkan tingkat hierarki, dan penggunaannya sebaiknya logis dan konsisten di seluruh artikel.

Tip: Gunakan heading dengan bijak untuk memecah konten menjadi bagian yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Gaya dan Format Heading

Sesuaikan gaya dan format heading Anda agar konsisten dengan desain situs. WordPress umumnya menyediakan opsi pengeditan teks yang memungkinkan Anda mengubah ukuran, warna, dan gaya teks dengan mudah.

Tip: Pilih gaya yang mudah dibaca dan sesuai dengan tema situs web Anda untuk memberikan kesan profesional.

Tambahkan Heading Secara Kontekstual

Saat menambahkan heading, pastikan untuk meletakkannya secara kontekstual, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengidentifikasi struktur artikel. Pastikan bahwa heading tersebut sesuai dengan isi dari bagian yang akan dijelaskan di bawahnya.

Tip: Gunakan heading sebagai pemandu, memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan dibahas dalam bagian tersebut.

Periksa Tampilan Pratinjau

Sebelum memublikasikan artikel, lihat tampilan pratinjau untuk memastikan bahwa heading terlihat sesuai harapan. Periksa apakah struktur artikel terlihat baik dan apakah pembaca dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka cari. Tip: Gunakan pratinjau untuk menilai tata letak secara keseluruhan dan pastikan tidak ada kesalahan format yang terlewat.

Optimalkan untuk SEO

Saat menambahkan heading, pertimbangkan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dengan konten di dalamnya. Ini akan membantu mesin pencari memahami isi artikel Anda dan meningkatkan peringkat SEO.

Tip: Periksa kepadatan kata kunci agar tidak terlalu tinggi dan tetap alami agar tidak terlihat seperti manipulasi.

Simpan atau Publikasikan Artikel

Setelah memeriksa semua elemen, simpan atau publikasikan artikel Anda. Pastikan bahwa heading telah diterapkan dengan baik dan artikel siap untuk dilihat oleh pembaca. Tip: Bagikan artikel Anda melalui media sosial atau platform lainnya untuk meningkatkan visibilitasnya setelah dipublikasikan.

Artikel Terkait  Memilih Tema dan Plugin yang Tepat untuk Website Sekolah dengan WordPress

Setelah Anda berhasil menggunakan heading pada WordPress, langkah selanjutnya yang disarankan adalah mempraktikkan penggunaan heading secara konsisten dalam artikel Anda.

Cobalah menciptakan hierarki yang jelas dan memastikan setiap heading mencerminkan kontennya dengan baik. Selanjutnya, amati respons pembaca terhadap perubahan ini dan terus pantau performa SEO artikel Anda.

Semua langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pembaca tidak hanya mendapatkan informasi yang bermanfaat, tetapi juga diarahkan untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk mengoptimasi artikel anda.

Sharing this article :
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Articles: 117