9 Fitur Wajib dalam Membuat Website: Panduan Untuk Pemula dan Web Developer

Membangun sebuah website bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi mereka yang baru terjun ke dunia web developer.  Kegelisahan tentang fitur wajib dalam membuat website apa yang seharusnya ada dan dapat menjadi hambatan utama.

Selain itu, seringkali kita juga masih bingung fitur apa saja yang harus ada di website yang kita miliki, karena perlu menjadi perhatian juga bahwa fitur antara web satu dengan lainnya seringkali berbeda. Hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik website tersebut.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas sembilan fitur wajib dalam membuat website, dirancang khusus untuk pembuat website pemula dan web developer.

9 Fitur wajib dalam pembuatan website

Privacy Policy

Pertama-tama, Privacy Policy merupakan fondasi yang esensial untuk setiap website. Kebijakan privasi tidak hanya merupakan kewajiban hukum, tetapi juga merupakan jaminan kepada pengguna bahwa informasi pribadi mereka akan dihormati dan dilindungi.

Dengan menyediakan kebijakan privasi yang transparan, kita tidak hanya mematuhi peraturan, tetapi juga menciptakan kepercayaan dan kenyamanan bagi pengguna.

Ini menjadi langkah awal yang tak terhindarkan untuk menciptakan lingkungan online yang aman dan dapat diandalkan.

Heading

Kedua, pentingnya heading atau judul dalam tata letak website tidak dapat diabaikan. Heading yang jelas dan menarik membantu pengguna mengenali topik atau tujuan halaman dengan cepat.

Sebagai pemilik website, kita harus memastikan pengguna dapat dengan mudah memahami konten halaman hanya dengan melihat judulnya.

Heading yang baik tidak hanya memperkaya pengalaman pengguna, tetapi juga mendukung upaya SEO dengan memberikan petunjuk yang jelas kepada mesin pencari tentang fokus dan relevansi halaman tersebut.

Fitur Wajib Keamanan Login

Keamanan login adalah aspek krusial untuk melindungi data pengguna dan informasi sensitif. Pastikan menggunakan sistem otentikasi yang kuat dan enkripsi data. Ini melibatkan kombinasi kata sandi yang kuat dan mungkin juga metode otentikasi ganda.

Keamanan login juga menjadi landasan yang krusial dalam melindungi data pengguna. Sebagai web developer, saya selalu memastikan implementasi sistem otentikasi yang kuat dan enkripsi data untuk melindungi informasi sensitif.

Artikel Terkait  Cara Update WordPress dengan Mudah, Aman dan Cepat

Keamanan login yang baik membantu mencegah akses tanpa izin, memberikan rasa aman kepada pengguna, dan membangun reputasi positif untuk website.

CTA (Call to Action)

Call to Action atau panggilan untuk bertindak adalah elemen yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya, tombol “Beli Sekarang” atau “Daftar” bisa meningkatkan interaksi pengguna dan membimbing mereka ke arah yang diinginkan.

Elemen Call to Action (CTA) juga menjadi kunci untuk mendorong interaksi pengguna yang diinginkan. Sebagai pemilik website, kita juga perlu memastikan pesan-pesan CTA dirancang secara persuasif dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Dengan menyertakan CTA yang tepat, website tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mengajak pengguna untuk bertindak, meningkatkan tingkat konversi, dan memperkuat hubungan antara pengguna dan website.

fitur wajib

Contact Us

Fitur “Contact Us” adalah jembatan komunikasi antara pengguna dan pemilik website. Berikan informasi kontak yang jelas dan mudah diakses. Formulir kontak atau informasi email dapat digunakan untuk memudahkan interaksi.

Selain itu, dengan memiliki contact us, user akan lebih mudah menemukan informasi apabila ingin melakukan pembelian, atau bertanya sesuatu yang belum terdeskripsi dengan jelas di website.

fitur wajib

Responsive Design

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, responsivitas adalah kunci. Pastikan website dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat, termasuk smartphone dan tablet. Desain responsif meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung SEO.

Website yang memiliki skor SEO yang baik akan menyesuaikan tampilan di segala macam device terutama mobile, karena sebagain besar dari pengguna sekarang mengguna mobile untuk mengakses informasi.

fitur wajib

Cache

Mengoptimalkan performa website adalah suatu keharusan. Menggunakan sistem cache dapat mempercepat waktu pemuatan halaman dan mengurangi beban server.

Ini penting untuk menjaga pengunjung tetap berada di website tanpa harus menunggu terlalu lama. apabila kamu ingin mengecek cache dan melakukan optimasinya bisa dicek di youtube kami yang membahas tentang optimasi website berikut ini

Plugin SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Gunakan plugin SEO untuk mengoptimalkan konten dan struktur website agar dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Artikel Terkait  Cara Cepat Membatalkan Perubahan di WordPress dengan Revisi Posting

Salah satu plugin SEO yang direkomendasikan yakni Rankmath yang bisa mengcover setiap kebutuhan dari user, sehingga lebih mudah untuk mengoptimasikannya.

fitur wajib

About Us

Halaman “About Us” memberikan identitas kepada pengguna tentang siapa pemilik website, visi, dan misi. Ceritakan kisah unik perusahaan atau individu di balik website untuk menciptakan keterhubungan dengan pengguna.

Dengan memahami kebutuhan dasar ini, pembuat website pemula dapat membangun platform yang solid dan profesional. Jangan ragu untuk menghubungi tim dapanel jika ada kesulitan. Kami siap membantu Anda dalam perjalanan menciptakan website yang sukses.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui dan memelihara website agar tetap sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna. Apabila kamu kesulitan untuk mengoptimasikan website bisa langsung mengubungi kami ya.

Sharing this article :
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Articles: 114